Upaya Tingkatkan Kesadaran Kesehatan, KKN PPM Tematik UMBY Gelar Cek Kesehatan Gratis

0
86
Gambar: Kelompok 99 KKN UMBY mengadakan cek kesehatan gratis di Pasar Demangan, Yogyakarta, pada 11 Agustus 2024. Bersama Tim Kesehatan RS. DKT dr. Soertarto, kegiatan ini mencakup pemeriksaan kesehatan dan edukasi pola hidup sehat. Foto: (Istimewa).

TNews, YOGYAKARTA – Dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), Kelompok 99 melaksanakan program cek kesehatan gratis di Pasar Demangan. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Minggu 11 Agustus 2024, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para pedagang Pasar Demangan mengenai pentingnya kesehatan serta deteksi dini penyakit.

Dalam program Cek Kesehatan Gratis, Kelompok KKN 99 bekerja sama dengan Tim Kesehatan dari RS DKT dr. Soertarto. Berbagai layanan kesehatan, seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, dan konsultasi kesehatan umum yang ditawarkan sukses menarik perhatian masyarakat setempat. Selain itu, para pedagang juga menerima edukasi mengenai pola hidup sehat dan pencegahan penyakit.

Ketua KKN Kelompok 99, Valentina Febri, menjelaskan bahwa program ini merupakan bagian dari progam kerja KKN untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat di Pasar Demangan.

“Dengan kesibukan para pedagang, di mana pola makan dan pola hidup yang mungkin kurang teratur, kami berharap agar mereka tetap aware terhadap kesehatan mereka. Oleh karena itu kami ingin memastikan bahwa masyarakat di Pasar Demangan mendapatkan akses kesehatan yang mereka butuhkan. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis tetapi juga meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” ujar Valentina Febri.

Respon masyarakat terhadap kegiatan ini sangat positif. Banyak pedagang pasar yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang biasanya sulit dijangkau.

“Saya sebagai perwakilan dari Masyarakat Demangan sangat senang dan berterimakasih sekali dengan adanya Cek Kesehatan Gratis ini. Apalagi masalah kesehatan ini merupakan salah satu hal yang urgent bagi pedagang Pasar Demangan, terutama bagi para pedagang yang sudah lansia. Saya harap ke depannya kegiatan ini dapat dilakukan berkesinambungan karena mahasiswa Mercu Buana Yogyakarta juga sering mengadakan KKN di Pasar Demangan Ini.” kata Siti, salah satu peserta kegiatan.

Dengan digelarnya acara ini, Kelompok 99 berharap program serupa dapat terus berlanjut dan berkembang. Hasil yang diharapkan dari program kerja Cek Kesehatan Gratis tidak hanya guna memberikan manfaat langsung dalam bentuk pemeriksaan kesehatan tetapi juga membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan secara keseluruhan.*

Peliput: Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.