Pemkab Bolmong Ingatkan Sangadi Harus Transparan Dalam Pengelolaan Dandes

0
52
Pj Bupati Bolmong Meminta Masyarakat Jaga Kesatuan Daerah
Adrianus Nixon Watung

TOTABUANEWS, BOLMONG – Dipastikan pencairan Dana Desa (Dandes) akan mulai berjalan di bulan ini. Pemkab Bolmong mengharapkan agar semua Sangadi, untuk bisa transparan dalam menjalankan anggaran untuk pembangunan di Desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Bolmong. Albert Tangkere mengatakan, untuk pecairan Dandes dipastikan di awal Bulan Mei. “Kalau tidak ada aral melintang, bisa dipastikan bulan ini,” bebernya, Jumat (12/5/2017).

Penjabat (Pj) Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung mengimbau agar pengelolaan Dandes harus transparan apalagi kata Watung dalam rencana pembangunan di Desa. “Menjelaskan secara transparan setiap rencana penggunaan Dandes. Supaya  masyarakat tahu mau diapakan uang tersebut,” imbaunya.

Pemerintah Desa minimal bisa, mengsosialisasikan ke masyarakat apalagi dandes akan digunakan untuk pengembangan ekonomi  di desa. “Harus orang-orang dari dalam desa yang mengelola kalau mau dibentuk BUMDes. Jangan hanya keluarga atau kerabat sangadi. Apalagi, warga yang berasal dari luar desa,” ujarnya.

Ditegaskan, Dandes bukan uang pribadi sangadi atau operasional bulanan desa.

“Mekanisme penggunaannya telah diatur dalam undang-undang. Jadi, kalau sampai melenceng pengelolaannya yang mengelola yang akan terima akibatnya,” tegasnya.

Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.