Dewan Boltim Gelar Paripurna Penyampain Catatan Dan Rekomendasi DPRD LKPJ

0
59
ADVETORIAL, BOLTIM – rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Boltim Tahun Anggaran 2017.Dilaksanakan di gedung DPRD, Selasa 17 April 2018.
Rapat paripurna istimewa tersebut,  di pimpin langsung oleh Ketua DPRD Boltim Marsaoleh Mamonto, serta di hadiri oleh 19 anggota DPRD, dikatakan oleh Ketua DPRD dalam mengawali rapat, beberapa hal yang sudah mengalami kemajuan di Boltim, dan mengapresiasi pemerintahan Bupati Sehan Landjar dan Wakil Bupati Rusdi Gumalangit.”Sudah banyak perubahan yang dilakukan oleh pemerintahan  Bupati Sehan Landjar dan Wabup Rusdi Gumalangit, diantaranya adalah menurunnya tingkat  kemiskinan,
meningkatnya daya beli masyarakat,
menurunnya jumlah pengangguran, serta sektor pembangunan yang memajukan daerah,” kata ketua DPRD.
Selain itu, ia mengatakan DPRD yang melaksanakan paripurna istimewa penyampaian rekomendasi LKPJ adalah DPRD Boltim.”Boltim adalah yang pertama melaksanakan Paripurna istimewa LKPJ,” ujar Marsaoleh.
Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Nomor 5 Tahun 2018 tentang penyampaian catatan rekomendasi LKPJ, yang di bacakan oleh Anggota DPRD Boltim dari Fraksi PAN Syamsudin Dama,catatan yang disampaikan tersebut diantaranya:
A.bidang pengelolaan keuangan daerah perlu adanya mengaktifkan sumber PAD, masih tingginya SiLPA anggaran, menyarankan agar penataan anggaran lebih di teliti lagi.
B.pemerintah harus membangun rumah Sakit Daerah, perlu perbaikan pelayanan kesehatan dan penambahan dokter serta tenaga medis.
Dalam hal penempatan tenaga kesehatan Agar tidak bertumpuk di Puskesmas Tutuyan, Modayag, dan Modayag barat.
Selanjutnya Dinkes harus melakukan sosialisasi pencegahan DBD.
C. Harus adanya pengangkatan tenaga guru kontrak.
Perlu memperhatikan siswa berprestasi di setiap jenjang pendidikan yang menjadi  kewenangan Pemda.
Pengadaan kursi meja bagi siswa serta
memberikan fasilitas kendaraan roda dua bagi kepala sekolah mengingat sudah dihapusnya cabang dinas di kecamatan sehingga menambah beban tugas dari Kepala Sekolah.
Penempatan tenaga guru perlu dimaksimalkan.
Pemda bentuk tim terpadu untuk menuntaskan anak-anak putus sekolah.
Harus tersedianya air bersih bagi masyarakat, penataan  jalan pasar, drainase, dan infrastrukturnya.
Segera menyelesaikan pembangunan taman lapangan Pondabo
D.Dinas Lingkungan Hidup perlu memperhatikan pengelolaan sampah, melindungi kelestarian hutan dengan melibatkan TNI dan Polri.
E. Menganggarkan pengadaan pemadam kebakaran yang memadai, didukung dengan tenaga yang terampil.
Pemda perlu memasang hidran di desa yang sudah tersedia aliran air bersih, untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.
F.bidang pencatatan sipil,perlu meningkatkan sarana dan prasarana guna memenuhi standar pelayanan publik.
G. Peelunya pengawasan penyaluran kebutuhan pertanian agar tepat sasaran dan tidak di selewengkan.
Membangun lumbung pangan.
Memberikan perlengkapan kerja yang memadai bagi PPL.
Mengevaluasi pengadaan bibit ternak agar memenuhi kebutuhan daging ternak daerah.
Menginventarisir koperasi yang masih berfungsi.
Pemasaran pupuk agar tidak melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).
Bidang periwisata, hatus mmembangun fasilitas untuk dapat mempromosikan dan menarik wisatawan.
H.DPMPTSP harua mempermudah pelayanan yang lebih baik, mengeluarkan paket investasi yang tidak berbelit Belit
Perlunya kerja sama antara daerah tetangga.
Masih minimnya kerjasama dengan pihak ketiga.
Memenuhi ketersediaan listrik.
Di akhir penyampaian rekomendasi dan catatan tersebut, Syamsudin Dama, meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar tidak membuat program yang kurang bermanfaat.”Meminta kepada seluruh SKPD agar tidak membuat program yang kurang bermanfaat terutama pada sektor Pertanian Pendidikan dan Kesehatan,” pungkasnya.
Bupati Boltim Sehan Landjar,dalam menanggapi catatan dan rekomendasi tersebut, pada sambutannya di sidang paripurna istimewa itu ia mengatakan,perlunya perbaikan-perbaikan dalam pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.”Keberhasilan yang dicapai oleh Pemerintah selama ini masih diperlukan perbaikan-perbaikan untuk pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan kedepan,” kata Bupati.
Lebih lanjut dikatakan Bupati,apa yang menjadi catatan dan rekomendasi DPRD adalah hal yang dikhawatirkannya selama ini, sehingga wajib bagi pemerintah untuk menindaklanjuti rekomendasi dan catatan tersebut.”Saya sangat setuju dengan rekomendasi dari DPRD karena itu adalah gambaran yang saya khawatirkan selama ini, dan
seluruh catatan dari DPRD menjadi kewajiban bagi saya untuk menindaklanjuti. dan saya memberikan waktu selama 14 hari untuk memberikan Jawaban tentang catatan yang di berikan oleh DPRD,” ujarnya.
Ia pun berterimakasih kepada DPRD, atas catatan dan rekomendasi yang disampaikan seperti pada sektor kesehatan dimana perlunya pembangunan Rumah Sakit Daerah.”Saya berterimakasih karena catatan dan rekomendasi yang disampaikan DPRD, mulai dari sektor kesehatan dimana kita membutuhkan Rumah Sakit Daerah.jika Kemenkes belum siap untuk membangun maka saya akan membangun Rumah Sakit Daerah dari dana pinjaman,” kata Bupati Dua periode itu.
ChyLhan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.