Bupati Joune Ganda Optimis Minut Raih SPM Award 2024

0
49

Hadiri Pemaparan Standar Pelayanan Minimal Kemendagri di Jakarta

TNews, Minut Sulawesi Utara – Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda SE, MAP, MM, M.Si,  Selasa(21/03/2023) menghadiri undangan Menteri Dalam Negeri dengan agenda pembinaan penerapan Standard Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2023 serta penganugerahan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Award 2023 di hotel Bidakara Jakarta.

Kegiatan yang dibuka secara resmi Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo dengan 7 narasumber yang dipersiapkan dalam memaparkan arah kebijakan SPM dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, sosial, bencana dan beberapa bidang lainnya.

Wamendagri John Wempi Wetipo menegaskan, urusan pemerintahan yang wajib diperoleh setiap warga negara diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Ketentraman dan Ketertiban Umum serta perlindungan masyarakat, dan Sosial.

“SPM ini ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip kesesuaian kewenangan, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, keterukuran dan ketepatan sasaran. Apalagi, mereka berhadapan langsung dengan masyarakat dalam hal pemenuhan pelayanan dasar,” Jelas Wamendagri John yang kemudian berkesempatan menyerahkan Award kepada beberapa daerah di Indonesia yang dinilai layak dalam memenuhi Standar Pelayanan Minimal.

Dikesempatan lain, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Restuardy Daud menyebutkan, tujuan dilaksanakan penganugerahan SPM Awards 2023, adalah semata-mata untuk meningkatkan komitmen Kepala Daerah dalam menjalankan urusan wajib, terkait pelayanan dasar dan mendorong setiap daerah menerapkan SPM secara optimal.

“Indikator penilaian SPM Awards 2023 adalah Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), Komitmen Anggaran penerapan SPM, Pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM, Pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, dan Kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM),” jelas Restuardy.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda merasa tertantang dengan informasi terkait SPM Award, bahkan The One Minut ini bertekad dan sangat optimus mewujudkan SPM di semua lini, sehingga ke depan Minut juga akan mendapatkan SPM Award untuk tahun 2024 mendatang.

“SPM Awards 2023 adalah bentuk penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja terbaik, dalam menerapkan SPM. Dan tentunya untuk tahun depan saya optimis dapat meraih Award tersebut,” tegas Bupati. (Penyunting Meiyer Tanod/Humas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.