Kotamobagu Diwarnai Berbagai Gelaran Adat Suku Mongondow

0
598

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Berbagai prosesi adat khas Suku Mongondow digelar guna menyambut Walikota dan Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu periode 2018-2023, Ir. Tatong Bara-Nayodo Kurniawan SH, sebagai pemangku adat tertinggi di Kotamobagu, dan awal menempati Komalig atau Rumah Dinas (Rudis), Rabu (03/10/2018).

 

Berdasarkan pantauan TOTABUAN.NEWS, dalam gelaran adat yang dipusatkan di Lapangan Boki Hotinimbang, sekira pukul 08.00 Wita ini, Walikota dijemput oleh Tari Tuitan atau Tarian Perang Mongondow, oleh penari dari Sanggar Manduru, Kelurahan Biga, diiringi musik khas tradisional Kolintang, Golotung, oleh pemusik dari Desa Bilalang I, dan kemudian, tampak juga Walikota ‘Binuligan’ atau diusung/diangkat keliling oleh Camat dan Bobato yang ada.

 

Selain itu, prosesi adat ini juga sebagai upacara Podui’an atau penobatan kepada Walikota, sebagai pemangku adat tertinggi atau biasa disebut Kolano in Kotamobagu.

 

“Ini perlu diapresiasi, sebagai wujud komitmen Walikota dalam melestarikan budaya adat, apalagi semua yang hadir menggunakan pakaian adat,” kata Muchlisin Potabuga, salah seorang tetua adat yang hadir.

Menurutnya, ini sangat positif terutama bagi para generasi muda.

“Begitu aneka ragamnya adat budaya kita, sayangnya banyak anak muda yang tidak mengetahui ini lagi, sehingga ini sangat bagus,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.