Tips Aman Naik Ojek Online di Tengah Wabah Virus Corona

0
725

TNews, JAKARTA – Virus corona atau Covid-19 perlu diwaspadai bersama mengingat saat ini ratusan orang dinyatakan terinfeksi corona. Nah bagi detiekrs yang terpaksa keluar rumah dan menggunakan jasa ojek online, detikcom coba berikan tips sederhana untuk menangkal penularan virus corona.

Seperti yang disampaikan Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

“Bicara soal corona ini perlu diantisipasi, sehingga perlindungan diri sangat dibutuhkan. Tapi memang ini menjadi tugas semua, baik penumpang, operator (pengemudi ojol), dan pengusaha untuk waspada terhadap corona,” kata Jusri.

Jusri menyarankan untuk saat ini, usahakan untuk tidak berpergian terlebih dahulu. Namun jika terpaksa harus berpergian menggunakan jasa ojol, ada beberapa tips untuk pengguna jasa ojol sebelum berpergia, sebagai berikut:

  1. Gunakan helm sendiri

Layaknya asosiasi pengemudi ojol Garda, Jusri menyarankan untuk membawa helm berstandar SNI pribadi sendiri. Sehingga kebersihan dan proteksi diri bisa tetap terjaga.

  1. Menggunakan masker

Meski sudah menggunakan helm sendiri, Jusri menyampaikan agar penumpang untuk tetap menggunakan masker sendiri. Masker dinilai memiliki peran penting saat berlalu lintas terutama saat menggunakan ojol.

Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, penyebaran virus Corona memungkinkan dari manusia ke manusia melalui percikan droplet. Bersin atau droplet orang yang terinfeksi bisa jatuh di objek atau permukaan benda.

  1. Menggunakan sarung tangan steril

Sarung tangan menjadi peranti yang disarankan untuk digunakan saat menggunakan jasa ojek online atau kendaraan umum. Karena saat menggunakan jasa ojek online atau kendaraan umum, pengguna jasa akan menghindari berinteraksi langsung dan bersentuhan dengan benda dan orang lain.

  1. Sampai tujuan cuci tangan dan wajah

Setelah sampai tujuan, Jusri mengingatkan untuk pengguna ojek online untuk mencuci tangan dan muka menggunakan sabun. Agar jauh lebih higienis atau menjadi bersih kembali.

  1. Sampai rumah langsung membersihkan diri

Setelah berkendara menggunakan ojek online atau kendaraan umum, Jusri menyarankan untuk langsung membersihkan diri. Dan langsung mengganti dan menaruh pakaian di tempat kotor, untuk langsung dibersihkan sebelum berinteraksi dengan orang-orang rumah.

 

Sumber: Detik.com

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.