Watung Dorong Pembentukan BUMDes

0
38
Pemkab Dorong Masyarakat Ikut Aksi Bela Negara
Adrianus Nixon Watung
TOTABUANEWS, BOLMONG – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bolmong, Adrianus Nikson Watung SH, mendorong agar setiap desa di Kabupaten Bolmong, membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), serta memaksimalkannya.
“Program BUMDes ini, merupakan salah satu dari agenda Nawacita pemerintah pusat, dengan membangun Indonesia dari wilayah pedesaan guna menguatkan kerangka perekonomian masyarakat,” ujar Nikson Watung.
Menurutnya, BUMDes merupakan badan usaha yang sebagian besar modalnya merupakan milik desa, dimana hal tersebut akan dikelola sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat desa.
“Pembentukan BUMDes ini nanti diperlukan payung hukum berupa peraturan desa dengan mempertimbangkan sejumlah factor terutama potensi usaha, sumber daya alam, serta sumber daya manusia yang ada di desa itu,” tambahnya.
Menurut Watung, pembentukan dan pemaksimalan BUMDes ini, akan ikut menguatkan pondasi ekonomi masyarakat desa.
“Bahkan, BUMDes akan menjadi salah satu indicator berhasilnya pengelolaan potansi yang ada di desa, sehingga dapat berdampak positif bagi pembangunan desa tersebut,” kata Watung.
Dia berharap, pembentukan dan pemaksimalan BUMDes ini, dapat ditndaklanjuti oleh pemerintah kecamatan dan seterusnya ke pemerintah desa.
Tim Totabuanews

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.