Bolmut Siap Eksport Ikan ke Korea

0
342
Ramlan Pontoh
Ramlan Pontoh

Totabuanews.com, Bolmut – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK), siap mengekspor ikan ke negara Korea.

Dari rencana ekport hasil perikanan hasil kerjasama dengan salah satu pengusahan asal Korea yakni ikan jenis kerapu.“Saat ini kapal dari Korea sedang berada di perairan wilayah Desa Tuntung, mereka sengaja datang ke Bolmut untuk membeli ikan disini,” kata Kadis Kelautan Perikanan Ramlan Pontoh.

Dijelaskannya, kerjasama ini merupakan hasil mediasi dari Menteri Perikanan dan Kelautan RI. Selain itu, dikatakannya pihak pengusaha Korea pun siap membeli dengan jumlah yang besar.

“Intinya Pemkab hanya memfasilitasi saja. Selanjutnya antara nelayan dengan pengusaha dengan harga yang jauh lebih tinggi yakni Rp 65 ribu per kilonya,” tambahnya.

Namun, menurut Pontoh pihak Pengusaha Korea sengaja mematok standarisasi ikan yang akan mereka beli, yakni ukuran dan berat ikan tidak boleh kurang dari berat rata-rata, “Mereka memasang standar berat dan ukuran ikan harus sama, tidak boleh kurang,” tukasnya.

Dirinya pun mengaku, saat ini persediaan ikan yang ada di Bolmut khususnya di Desa Tuntung secara keseluruhan berkisar seribu kilo dan ini diharapkan bisa lebih meningkatkan perekonomian para nelayan di Bolmut. (eking/hasdy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.