Astaga! Anggota DPRD Bolmut Tidak Miliki Salinan Buku APBD 2020

0
319

TNews, BOLMUT – Salinan Buku Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terkesan menjadi barang yang begitu ‘keramat’.

Saking ‘keramat’nya, beberapa Anggota DPRD Bolmut, memasuki bulan kelima Anggaran beralanjan tidak mendapatkan salinan APBD 2020.

“Hingga Mei 2020 kami anggota Dewan belum mendapat dokumen APBD 2020 tersebut.  Dokumen yang diberikan ke dewan itu saja tidak tahu yang pegang siapa saja. Padahal itu wajib dan sudah ada anggarannya untuk penggadaan,” ujar Anggota DPRD Bolmut Suriansyah Korompot SH,  kepada Totabuan News Sabtu (16/05/2020) baru-baru ini.

Disampaikan Korompot, sebagai legislator yang bertugas mengawasi terhadap program-program pembangunan yang tercantum dalam APBD, dirinya mengalami kesulitan bila tak memegang dokumen APBD.

“Harusnya dokumen itu dibagikan kepada semua anggota DPRD supaya bisa melakukan pengawasan, karena itu salah satu fungsi DPRD. Apalagi dimasa pandemi corona, ada refocusing anggaran dari setiap OPD.mau diawasi bagaimana jika salinan APBD-nya tidak ada,” tegasnya.

Senada juga disampaikan anggota DPRD Bolmut Juldin Bolota , Politisi Partai Amanah Nasional (PAN)  mengaku belum mendapat dokumen APBD Bolmut sejak disahkan oleh DPRD.

“Sampai saat ini saya belum dapat salinan APBD 2020, baik dalam bentuk hard copy maupun soft copy. Di komisi juga tidak ada, apalagi di saya, sudah pasti tidak ada,” tutur Bolota saat ditemui Rapat Pansus LKPJ Bupati Bolmut.

Ditambahkan Bolota , buku APBD sangat penting sebagai dasar untuk melihat kegiatan yang telah atau sedang berjalan. “Dengan tidak mengantongi buku APBD, bakal berdampak muncul persepsi yang berbeda dari para anggota DPRD. Untuk itu meminta kepada Sekretariat Dewan untuk memperbanyak buku APBD Bolmut,” tandas Bolota.

 

Uphik Mando 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.