Banser Bersyair di Mukercab NU, Profesor Wumu Teteskan Air Mata

0
161

TOTABUANWES, BOLMUT – Pelaksanaan Mukercab NU Bolmut Kamis (26/05) ada satu hal yang cukup menarik. Acara yang dihadir Bupati Bolmut, Wakil Bupati Bolmut dan beberapa pejabat itu, Panitia pelaksana menyisipkan agenda hiburan yang menampilkan pembacaan Syair berbahasa Daerah.

Adalah Ridwan Lasamano, Kepala Satkorcab Banser Bolmut, yang punya perhatian serius terhadap tradisi dan budaya Bolmut, membawakan syair berbahasa Bolangitang dengan untaian kata yang cukup dan mampu memukau para hadirin di acara pembukaan Mukercab.

Profesor John Wumu yang hadir dalam acara tersebut dalam arahannya dihadapan peserta dan hadirin mengapresiasi pembacaan syair, “Jujur, saya tadi meneteskan air mata, melihat seorang Anak muda yang membawakan syair berbahasa Daerah yang dikarangnya sendiri, Saya sangat apresiasi dengan Anak-anak Muda di Ansor Bolmut yang perhatian dengan budaya daerahnya sendiri, ditengah hantaman deras budaya luar yang kuat, teruskanlah tradisi baik ini, ini sangat positif dan sangat kreatif” ujar sang Prof dengan haru.

Ridwan, Kepala Satkorcab Bolmut yang membawakan syair, diwawancarai media ini sempat menuturkan bahwa Leluhur orang Bolmong Utara itu memiliki tradisi sastra dalam bidang bersyair, cetusan-cetusan ekspresi yang spontan melahirkan butir-butir syair yang tidak sempat terpustaka dalam tulisan, “saya hanya menggali potensi mereka (leluhur) ini dalam mengarang syair” ujar Ridwan yang punya hobi menulis ini.
 

Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.