Budaya Mopohabaru Sambut Hari Raya Idul Adha 1437 H

0
137
Budaya Mopohabaru Sambut Hari Raya Idul Adha 1437 H
TOTABUANEWS, BOLMUT – Menjadi suatu kewajiban budaya bolaang mongondow utara di setiap menjelang beberapa hari dalam perayaan hari raya baik idul fitri maupun idul adha budaya Mopohabaru wajib dilaksankan

Pasalnya, dalam budaya tersebut mempunyai arti yang sangat sakral yaitu Ki Doni Pangulu (sebutan Adat Bupati Bolmut) menerima kabar tentang perayaan Idul Adha 1437 H.

Para petugas yang dipercayakan pada pelaksanaan Sholat Ied tingkat Kabupaten Bolmut akan ditentukan di Mopobaharu. Dimana yang bertugas sebagai Imam Drs Asnawi Bulla, Khatib KH Harsono Misaalah dan Bilal Sahrin Harundja dan akan dilaksanakan pukul 07.00 Wita yang dipusatkan di Lapangan Kembar Boroko.

Sementara itu, Bupati Bolmut Depri Pontoh menyampaikan terima kasih kepada Aliansi Adat Bolmut. “Hal ini merupakan wujud kerja sama masyarakat dalam upaya melestarikan adat dan budaya Bolmut, yang terdiri dari dua etnis besar yaitu Kaidipang Besar dan Bintauna dan juga etnis lain yang ada dan sudah berkembang serta menjadi bagian dari keragaman masyarakat Bolmut,” ujar Bupati.

Lanjut bupati, para petugas yang sudah ditetapkan dan diberi tanggung jawab dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha nanti dapat melaksanakan dengan baik.

Bupati menambahkan sesuai kesepakatan dengan pihak Kepolisian, pada malam takbir tidak akan digelar pawai takbiran menggunakan kenderaan bermotor, melainkan dilaksanakan di masing-masing mesjid.

Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.