Ini Penjelasan Dinkes Bolmut Terkait Pemberhentian Vaksin AstraZeneca

0
103

TNews, BOLMUT — Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 telah melakukan pemberhentian sementara Vaksinasi Covid-19 jenis AstraZeneca pada tanggal 27 Maret 2021. Pemberhentian sementara vaksinasi jenis AstraZeneca tersebut karena terdapat Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI).axa

Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut, masih menunggu petunjuk terkait pendistribusian vaksin Astra Zeneca kendati adanya pemberhentian sementara.

Seperti dikatakan Kepala Dinkes Bolmut dr Jusnan C Mokoginta MARS,  menyampaikan untuk saat ini Kabupaten Bolmut, belum menerima pendistribusian Vaksin AstraZeneca tersebut.

“Jadi pada tanggal 28 Maret 2021 Kabupaten Bolmut, belum mendapatkan vaksin jenis Astra Zenneca atau dengan kata lain Pemerintah Provinsi belum mendistribusikan jenis vaksin AZ tersebut ke Kabupaten Bolmut,” kata Mokoginta, Senin (29/3/2021) kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya pendistribusian vaksin AstraZeneca tersebut memang telah mulai dilaksanakan di 2 Kota yakni Manado dan Bitung, namun dihentikan sementara sambil menunggu investigasi dan pemantauan oleh Komda KIPI Pusat dan WHO.

Disini bahwa  adanya KIPI (Kejadian Pasca Imunisasi) yang terjadi adalah KIPI ringan dan sudah dapat ditangani

“Sudah terjadi ini memang tertuang pada informasi efek samping vaksin AZ, sehingga meminta kepada masyarakat tidak perlu panik, dan pemberhentian sementara ini dilaksanakan sebagai bagian dari kehati-hatian karena KIPI yang terjadi pada sekitar 5-10% dari jumlah yang divaksin AZ tersebut, dan untuk kelanjutan vaksinasi AZ ini akan menunggu hasil pemantauan dari Komda KIPI dan WHO,” terang Mokoginta.

Oleh karena itu, Dinkes Bolmut, masi menunggu petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulut untuk jadwal pendistribusian vaksin Astra Zenneca tersebut.

“Saat ini kita masih melaksanakan vaksinasi jenis Sinovac sambil menyelesaikan pemberian Dosis ke-2 vaksinasi tahap ke-2 bagi pelayan public,” tutup Kepala Dinkes Bolmut.

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.