Pelatakan Batu Pertama Program Kotaku di Bolmut, Bupati: Terimakasih Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR

0
53

TNews, BOLMUT—Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs. Hi. Depri Pontoh, melakukan peletakan batu pertama kegiatan program padat karya kotaku di kabupaten bolmut, yang bertempat di Desa Bolangitang Dua kecamatan Bolangitang Barat Kamis (13/08/2020).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang di wakili Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan kawasan Pemukiman Ognerius Tindoilus ST, mengatakan terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa serta masyarakat yang telah menyambut baik kegiatan ini.

“Masyarakat di Desa Bolangitang dua ini bisa mengakat tenagga pekerjaan di tengah Pandemi Covid 19 dengan adanya Kegiatan program padat karya kotaku ini, serta bisa meningkatkan potensi potensi pembangunan di Kabupaten Bolmut,”ujar Tindoilus.

Bupati Bolmut Drs Hi. Depri Pontoh, dalam sambutanyan mengatakan atas naman Pemerintah Daerah dan masyarakat kabupaten bolmut, menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah memberikan bantuan program kotaku ini.

“Program Kotaku ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di kabupaten bolmut dan kami pemerintah daerah sangat mengharapkan program bantuan akan terus berkelanjutan,”kata Bupati Bolmut.

Disampaikan juga  Bupati Bolmut, program kota tampa kumuh  atau Kotaku merupakan salah satu dari sejumblah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR untuk mempercepat penaganan pemukiman kumuh yang dilaksanakan secara nasional di 34 Provinsi yang menjadi basis penaganan permukiman kumuh yang menintergrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termaksud dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, swasta, masyarakat.

“ Tujuan umum program ini adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mendukung perwujudan pemukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan,”ungkap Bupati Bolmut.

Menurut Bupati Bolmut,  terpilihnya desa bolangitang dua sebagai lokasi program kotaku di Kabupaten Bolmut, setelah melalui tahapan survey tim fasilitator kotaku serta hasil rembug dan kesepakatan dari lembga keswadayaan masyarakat (LKM), dengan menerapkan dua kegiatan pembangunan.

“Yaitu  pembangunan drainase sepanjang 1.607 meter dan pembangunan jalan paving sepanjang 794 meter dengan total anggaran adalah Rp.1.088.954.000,- (satu milyar, delapan puluh delapan juta, sembilan rartus lima puluh empat ribu rupiah), yang terdiri dari sumber dana APBN sebesar Rp.995.000.000,- (sembilan ratus sembilan puluh lima juta rupiah), dan sumber dana swadaya masyarakat sebesar Rp.93.954.000,- (sembilan puluh tiga jutasembilan ratus lima puluh empat ribu rupiah) dengan waktu pekerjaan selama 90 hari,”terang Bupati Bolmut.

Ditambahkan Bupati Bolmut, dalam kegiatan program kotaku ini tujuan umum ada dua.

“Pertama, memberbaiki akses masyarakat terhadap infrastruktur dan fasilitasi pelayanan di permukiman kumuh perkotaan dan kedua adalah meningkatkan kesejateraan masyarakat di perkotaan melalui pencegahan dan peningkatan kwalitas permukiman kumuh berbasis masyarakat dan partisipasi pemerintah daerah,”tambah Bupati Bolmut.

Turut Hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Sekda Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Pejabat Pembuat komitmen (PPK) Pembangunan kawasan Pemukiman Ognerius Tindoilus, ST Dan Jajaran, Kapala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan pertanahan Dr. Hidayat Panigoro M.Si, Camat Bolangitang barat, Sangadi, BPD serta masyarakat.

 

Uphik Mando

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.