Pemda Bolmut Gelar Penyuluhan Teknis Peternakan

0
47
Pemda Bolmut Gelar Penyuluhan Teknis Perternakan
TOTABUANEWS, BOLMUT – Pemerintah daerah kabupaten bolaang mongondow utara mengelar kegiatan penyuluhan teknis peternakan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap para petani/peternak dalam pengembangan peternakan.
Dalam hal ini, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai penanggungjawab kegiatan yang berlangsung di Wisata Pantai Indah Batutajam dengan jumlah 100 peserta petani/peternak. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan kegiatan Mimbar Sarasehan yang menghadirkan Nara Sumber dari unsur Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara Ricky Sepang, S.Pt, Msc, unsur Balai Kesehatan Masyarakat Vetiliner (KESMAVET) Prov. Sulut  Ir. Sjeny E. Kalangi dan unsur Balai Pelatihan Teknis Peternakan  Prov. Sulut.
Dalam Sambutan Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh yang dibacakan oleh Kepala BP4K Ir. Fatma Humokor menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana yang telah memprakarsai dan memotori kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan resmi. “Dengan harapan, kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman kita semua tentang budidaya ternak.
Oleh karena pembangunan peternakan adalah bentuk nyata dari pengembangan ekonomi kerakyatan, melalui pengembangan kelompok tani ternak yang ada disetiap desa dipelosok Indonesia seperti peningkatan aktivitas agribisnis sapi potong, maupun kegiatan lain yang berhubungan dengan usaha peternakan agar dapat memenuhi kebutuhan pangan asal ternak untuk setiap rumah tangga, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, peternak maupun kelompok ternak,” kata Bupati.
Dikesempatan itu pula, bupati mengingatkan bahwa ketahanan pangan asal ternak merupakan bagian paling penting dalam memenuhi kebutuhan hak atas pangan bangsa Indonesia sekaligus merupakan salah satu pilar utama hak asasi manusia. “Karena pemenuhan kebutuhan masyarakat akan protein hewani yang mampu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan bangsa,” tutup Pontoh.
Terkait dengan itu Kepala BP4K juga menambahkan dalam hal membina kelembagaan petani dihimbau agar dapat bersinergi dan apa yang diberikan oleh pemerintah berupa ternak dapat dikelola dengan baik mengingat akan dievaluasi peningkatan produktivitasnnya, juga kepada penerima program pemerintah agar administrasinya diperhatikan dan tepat sasaran.
Dalam pantawan TOTABUANEWS Turut hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, para sangadi, dan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Bolmut.
Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.