Pemkab Bolmut Sosialisasikan Kebijakan Transfer Dana Desa

0
83

TOTABUANEWS, BOLMUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Hi Depri Pontoh secara resmi membuka sosialisasi Kebijakan Transfer ke Daerah dan Dana Desa yang bertempat di Gedung Randy Grand Palace Desa Langi.

Acara tersebut dihadiri oleh Kasubdit Hibah Daerah Ditjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Jamiat Aries Kalfat SH, Kasubdit Pengembangan SDA Kawasan Perdesaan Wilayah IV Ditjen Pembangunan Kawasan Perdesaan Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Dalam Negeri, Plt Sekretaris Daerah Dr Asripan Nani MSi, Para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan Pimpinan SKPD yang diikuti oleh para Camat, Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Kabupaten Bolmut.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka implementasi dari Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan aturan-aturan penggunaannya.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan sebagaimana diketahui bersama bahwa “Pemerintah Pusat melalui instruksi Presiden telah merubah paradigma tentang desa, dimana Desa merupakan Pemerintahan terdepan dalam memajukan bangsa dan Negara, sehingga dana yang didapat oleh Desa sekarang ini sangat besar.

Lanjut pontoh Untuk kabupaten Bolmut di tahun 2016 menerima dana APBN sebesar Rp64.330.630.000 dan dana APBD sebesar Rp41.079.289.539 dimana totalnya mencapai Rp105.409.919.539 yang akan dibagi kepada 106 Desa yang ada.

Sehinga Paradigma dan kondisi baru tersebut menuntut kita untuk mempersiapkan diri agar mampu mengubah sikap sebagai aparatur Pemerintah dengan mengedepankan prinsip akuntabilitas, transparansi serta pelayanan prima.

Karena itu, Bupati menyambut baik pembekalan bagi pengguna maupun pengelola anggaran Dana Desa dan penyegaran bagi seluruh peserta, “terutama Pemerintahan Desa dalam menghadapi proses panjang pembangunan daerah,” tutup Pontoh.

Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.