Pilkada Bolmut Duo Incumbent ‘Menang’

0
538

Hamdan-Depri-300x163TOTABUANEWS.COM, Boroko – Meski telah digelar pada Rabu (08/05/2013) , namun hasil perhitungan suara dari proses pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong Utara, hingga saat ini masih simpang siur. Pasalnya, dari proses hitung cepat yang dilakukan sejumlah elemen, duo incumbent yang bertarung untuk menduduki kursi sebagai orang nomor satu di Kabupaten Padi itu, yakni Depri Pontoh dan Hamdan Datunsolang sebagai pemenang. Lihat saja, untuk versi hitung cepat dari desk Pilkada Pemkab Bolmong Utara yang berlangsung di di gedung Kantor Tata Pemerintahan (Tapem), pasangan Depri Pontoh dan Suriansyah Korompot mendapatkan hasil akhir 37,69 persen. Pasangan yang diusung oleh PPP itu mengalahkan sejumlah pasangan lainnya, yakni Hamdan Datunsolang dan Farid Lauma, yang hanya mendapat suara 34,91 persen, disusul pasangan Karel Bangko dan Christofel Buhang (KAMI) sendiri, hanya bertahan di 25,42 persen, sedangkan pasangan Hamka dan Andi Felix Mende (Hamdi), hanya bisa bercokol di 1,98 persen.

Namun, disisi lain, berdasarkan perhitungan Indo Count yang berasal dari pasangan Hamdan Datunsolang dan Farid Lauma, pasangan nomor urut empat ini unggul sangat tipis dari pasangan Depri Pontoh-Suriansyah Korompot (Depri-Syah).

“Persentase perolehan suara pasangan nomor urut empat 36.90 persen, sedangkan nomor urut satu (Depri-Syah) berada di bawah dengan 36.87 persen. Pasangan HD-FL unggul. Perbedaanya memang hanya 14 suara saja,” ujar Andi Daeng Baso dari Indo Count HD-FL.

Menurut versi Indo Count HD-FL, pasangan HD-FL yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh suara 17.576 dari enam kecamatan di Kabupaten Bolmut pada pemungutan suara lalu. Sementara pasangan Depri-Syah yang diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meraup suara 17.562 suara dari 92 desa/kelurahan di Kabupaten Bolmut. Selisih perolehan suara hanya 14 saja.

Adapun pasangan Karel Bangko-Christofel Buhang (KAMI), menurut perhitungan Indo Count HD-FL memperoleh 11.599 suara. Secara keseluruhan, pasangan yang diusung Partai Golkar dan Partai Dekmokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat 24.35 persen suara. Di urutan paling bawah ada pasangan Hamka-Felix A Mendey (Hamdi). Pasangan nomor urut dua ini memperoleh 900 suara atau hanya 1.89 persen.

Andi menegaskan, perhitungan yang dilakukan oleh Indo Count HD-FL berdasarkan perhitungan ril di lapangan. Dia juga memastikan keakuratan perhitungan tersebut. “Bagi kami, perhitungan tersebut sudah final. Tapi, untuk hasilnya tetap menunggu rekapitulasi dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) nanti,” kata dia menambahkan.

Namun demikian, dia memperkirakan akan terjadi gugatan Pemilukada jika hasil perhitungan yang dilakukan Indo Count HD-FL tersebut tepat. “Perbedaanya sangat tipis. Jadi kami mulai hari ini (Kamis) melakukan pengumpulan C1 di lapangan. Nantinya ini akan menjadi bukti untuk memperkuat perhitungan yang kami lakukan,” kata dia menandaskan.

Hasil perhitungan Indo Count HD-FL ini mendapat bantahan dari Desk Pemenangan Depri-Syah. Ketua Tim Pemenangan Depri-Syah, Salim bin Abdullah mengatakan pasangan Depri-Syah memperoleh 17.621 suara atau 37.7 persen. Sementara pasangan HD-FL berada di urutan kedua dengan perolehan 16.361 suara. Jika dipersentasekan perolehan HD-FL adalah 35.0 persen.

“Hasil ini berdasarkan data yang kami kumpulkan dari tiap TPS. Dan, hasilnya tak jauh beda dengan hasil dari Desk Pemilukada Pemkab Bolmut. Bahkan, perolehan kami lebih banyak dan persentasenya pun naik pula,” tandasnya. (Eking, trn/win/jun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.