Sarundajang Lantik Bupati Depri Pontoh Mapicab Pramuka Bolmut

0
358

TOTABUANWES, BOLMUT – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Depri Pontoh, secara resmi dilantik sebagai Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Bolmut masa bakti 2016-2021.

Pelantikan dilakukan Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sulawesi Utara, juga merupakan anggota DPR RI Vanda D Sarundajang di Auditorium Kantor Bupati Bolmut Selasa (17/05).

Dalam pantauan, Depri Pontoh membaca dan menandatangani naskah ikrar, sebelum dilantik sebagai Ketua Mabicab.
Setelah dilantik, Bupati langsung melantik dan mengukuhkan Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Bolmut Dr Asripan Nani, MSi sebagai Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bolmut masa bakti 2016-2021.

Usai pelantikan, Depri mengatakan akan segera melakukan konsolidasi organisasi, mensinergikan Gerakan Pramuka dengan program Pemerintah Daerah dalam upaya percepatan pembangunan di Bolmut. Ucapnya
“Pramuka merupakan gerakan yang tidak terpisahkan dari sistem pendidikan, yang menjadi kesinambungan gerakan kepanduan Nasional yang bertujuan menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan keterampilan yang tinggi, sehat jasmannya, serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Bupati.

Bupati juga mengatakan saat ini mulai terjadi pergeseran dimana generasi muda mulai meninggalkan Pramuka, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti penyalagunaan obat-obatan, perkelahian, menurunnya kepatuhan terhadap hukum, serta tindakan menigkatnya kekerasan.

“Dari kondisi yang ada, tantangan kepengurusan Gerakan Pramuka saat ini dan ke depan cukup berat dan beragam, salah satunya bagaimana menjadikan Gerakan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang diminati dan digemari oleh pelajar sehingga secara sukarela dan antusias menjadi anggota Pramuka aktif di sekolah,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada jajaran Pengurus untuk peduli dan bertanggungjawab terhadap Gerakan Pramuka di Bolmut agar lebih maju dan mampu berkembang lebih baik dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas.

Semetara itu, Ketua Kwarda Vanda Sarundajang mengatakan, sampai saat ini Gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman. “Kami percaya dengan dilantiknya Mabicab Gerakan Pramuka akan menjadikan Pramuka di Kabupaten Bolmut lebih maju serta mendapat perhatian dan tempat di tengah-tengah masyarakat,” kata Vanda.

Ia berharap pegurus Kwarcab dapat meningkatkan pembinaan bagi anggota pramuka baik orang dewasa maupun adik-adik Siaga, Penggalang dan Penegak/Pandega. “Dengan melakukan kegiatan pembentukan dan pelantikan Gugus Depan yang berpangkalan di Sekolah, Instansi maupun Desa, dan melaksanakan kursus Pramuka bagi orang dewasa berupa kursus Mahir Dasar dan Kursus Mahir Lanjutan Pembina Pramuka,” tutup Vanda.

Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.