Tekan Angka Pengangguran,Pemda Bolmut Siap Suntikan Dana ke Pemuda Mandiri

0
79
Tekan Angka Pengangguran,Pemda Bolmut Siap Suntikan Dana ke Pemuda Mandiri
Depri Pontoh - Halifaks Olii

TOTABUANEWS, BOLMUT –  Tekan angka pengangguran Pemuda di Kabupaten Bolmut, Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Pemda) Bolmut,  akan memberikan bantuan modal utama bagi pemuda yang mau berusaha mandiri.
Hal tersebut dikatakan Bupati Bolmut,Drs Hi Depri Pontoh belum lama ini.

“Saya bersama jajaran dinas dan badan, selalu bergandengan tangan dalam mencarikan solusi bagi pegangguran di kabupaten ini. Alhamdulillah kita dapat bocoran pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga akan memberikan suntikan modal utama bagi pemuda yang ingin berwira usaha, yang tentunya prosedurnya harus lewat dinas terkait,” jelas Pontoh.

Sementara itu, Kadis Pemuda dan Olahraga, Halipaks Olii melalui Kasi Pemberdayaan dan Pengembangan SDM Dispora Bolmut, Widiarto Dg Mulisa S Pd, membenarkan hal tersebut. “Para pemuda harusnya bisa mandiri sebagai wirausaha sehingga tidak lagi berharap sebagai PNS. Apalagi jumlah pertumbuhan pemuda semakin tidak seimbang dengan formasi PNS,” kata Widiarto.

Ia menambahkan,untuk melihat potensi pemuda yang ada, pihaknya akan melakukan pendataan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dalam waktu dekat ini, untuk dijadikan mitra.

“Kami akan melakukan pembinaan bagi para pemuda berprestasi dalam dunia wirausaha, dengan memberikan pelatihan dan bantuan modal utama untuk mengembangkan usahanya. Difokuskan khusus kepada pemuda berusia 16 hingga 32 tahun,”tukas Widiarto.

Dia juga membeberkan besaran anggaran bantuan tersebut. “Dua puluh lima  juta rupiah, kontan yang diberikan kepada setiap pelaku usaha dan tentunya dana tersebut bersumber dari Kementrian Pemuda dan Olahraga pusat. Upaya lobi anggaran terus dilakukan Insyallah pertengahan tahun 2017 bantuan tersebut dapat digulirkan,”beber Widiarto.

Peliput: Fadlan Ibunu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.