Praktikum Mahasiswa Agribisnis: Dari Teori ke Praktik

0
11

Mahasiswa agribisnis Widya Karya praktik di CV Kurnia Kitri Ayu Farm, fokus pada urban farming organik, siklus tanam, dan manajemen usaha pertanian. Mereka mendapatkan keterampilan praktis dan wawasan bisnis untuk menjadi pemimpin di industri pertanian.

Image

Mahasiswa jurusan agribisnis dari Universitas Katolik Widya Karya menjalani sebuah pengalaman seru dan juga sarat akan pembelajaran. Sebuah kegiatan rutin praktikum yang tidak hanya mengajarkan teori tetapi juga menghidupkannya dalam pengalaman nyata. Yuk, kita eksplor lebih dalam tentang bagaimana mahasiswa jurusan agribisnis memahami dunia budidaya melalui kegiatan praktikum ke CV Kurnia Kitri Ayu Farm!

Urban Farming Secara Organik

Para mahasiswa jurusan agribisnis diperkenalkan pada dunia urban farming secara organik saat mereka melakukan praktikum di CV Kurnia Kitri Ayu Farm. memaksimalkan ruang terbatas dengan tanpa menggunakan pestisida kimia atau pupuk sintetis. Dalam pelajaran pertama, mereka memahami pentingnya menggunakan bahan bahan alamai atau organik sebagai bahan utama urban farming.

Melalui diskusi dengan petani berpengalaman, mahasiswa mendalami bagaimana urban farming dapat menjadi terobosan baru dalam dunia pertanian modern ini. Mereka menemukan bahwa penggunaan metode  ini tidak hanya dapat memaksimalkan ruang terbatas, namun juga dapat menghasilkan hasil panen yang berkualitas tinggi.

Tidak hanya belajar dari buku, tetapi merasakan sendiri bagaimana metode urban farming secara organik mampu merubah wajah pertanian menjadi lebih berkelanjutan dan efisien. Praktikum ini membuka mata para mahasiswa terhadap potensi besar yang bisa dijelajahi di bidang agribisnis.

Pelajaran di Lahan: Memahami Siklus Tanam

Image

Budidaya tanaman bukan hanya sekedar menanam dan menunggu hasil. Melalui kegiatan praktikum di lapangan, mahasiswa jurusan agribisnis mendapatkan pemahaman mendalam tentang siklus tanam. Mereka belajar bagaimana tanah yang subur menjadi pondasi utama kesuksesan urban farming.

Dalam praktek ini, mahasiswa akan menyelami perjalanan biji tanaman dari masa penanaman hingga panen. Mahasiswa belajar memilih varietas tanaman yang sesuai dengan kondisi lahan dan iklim. Mereka juga terlibat langsung dalam proses penanaman dan perawatan, mengasah keterampilan praktis mereka.

Kegiatan rutin ini mengajarkan mereka kedisiplinan, tanggung jawab, dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan tanaman. Mahasiswa tidak hanya menjadi penonton tetapi aktor utama dalam pertunjukan besar yang disebut pertanian.

 Manajemen Usaha Pertanian: Dari Tanah ke Pasar

Selain belajar tentang budidaya tanaman, mahasiswa jurusan agribisnis juga diajak untuk merasakan dinamika manajemen usaha pertanian. Mereka diajak merancang rencana bisnis, menghitung biaya produksi, dan merancang strategi pemasaran. Kunjungan ke CV Kurnia Kitri Ayu Farm bukan hanya tentang melihat tanaman tumbuh tetapi juga merasakan tantangan dalam mengelola bisnis pertanian yang sukses.

Menghadapi pasar yang selalu berubah, mahasiswa belajar mengadaptasi strategi mereka untuk memenuhi tuntutan konsumen. Mereka merasakan betapa pentingnya kreativitas dan inovasi dalam menghadapi persaingan di dunia agribisnis yang dinamis.

Kesimpulan

Melali praktikum ke CV Kurnia Kitri Ayu Farm bukan hanya mengakhiri suatu kegiatan praktikum tetapi membuka awal perjalanan panjang mahasiswa jurusan agribisnis menuju kesuksesan. Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis tetapi juga keterampilan praktis dan wawasan bisnis yang kuat.

Kegiatan ini merangkul mereka dalam kehidupan nyata agribisnis, mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin masa depan di industri pertanian. Dengan hati penuh semangat, para mahasiswa melangkah keluar dari CV Kurnia Kitri Ayu Farm, membawa pulang harapan akan masa depan yang lebih hijau dan berdikari.

Dengan kesempurnaan kegiatan praktikum ini, mahasiswa jurusan agribisnis di Universitas Katolik Widya Karya tidak hanya mengasah keterampilan praktis mereka tetapi juga menanamkan cinta mendalam pada dunia agribisnis. Setiap langkah mereka di CV Kurnia Kitri Ayu Farm adalah investasi untuk menyongsong masa depan yang penuh harapan dan keberlanjutan.Mahasiswa agribisnis Widya Karya praktik di CV Kurnia Kitri Ayu Farm, fokus pada urban farming organik, siklus tanam, dan manajemen usaha pertanian. Mereka mendapatkan keterampilan praktis dan wawasan bisnis untuk menjadi pemimpin di industri pertanian.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.