E2L ‘Obok-Obok’ KSSM, Conny Rumondor Ditinggal Sendiri

0
151
Karikatur Conny Rumondor, Victor Mailangkay, CEP, Elly Lasut/By: Hijrah Dondo

TNews, SULUT – Sebuah survei terbaru yang dirilis oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA telah mengguncang panggung politik Sulawesi Utara. Hasilnya, Calon Gubernur Elly Engelbert Lasut (E2L) menegaskan keunggulannya dengan posisi 40,3 persen jauh dari para pesaingnya, tentu ini membuat sejumlah partai politik terperangah dan terbelalak.

Partai yang tergabung dalam Koalisi Solidaritas Sulut Maju (KSSM), termasuk Gerindra, Golkar, Nasdem, dan PSI, yang seolah terperangkap dalam jaring kekutan E2L.

Ketua Gerindra Sulut, Conny Rumondor, yang sebelumnya memimpin koalisi tersebut, bakal terdampar sendirian di tengah badai politik. Partai-partai yang sebelumnya bersatu di bawah panji KSSM mulai mengalihkan pandangan mereka ke arah E2L.

BACA JUGA : LSI Survey Pilgub Sulut 2024 : E2L Unggul Jauh, Steven Kandouw Hanya 11 Persen

Nasdem dan PSI, misalnya, telah membuka pintu dan hati mereka untuk E2L. Bahkan, Ketua NasDem Sulut, Victor Mailangkay, dengan tegas menunjukkan dukungannya dengan membuka peluang bagi Elly Lasut untuk mendaftar di partainya.

Tak hanya itu, Mailangkay pun melangkah lebih jauh dengan mendaftar sebagai calon wakil gubernur di Partai Demokrat, yang dipimpin oleh Lasut.

Sementara itu, Partai Golkar dan PSI juga tidak mau ketinggalan dalam permainan politik ini. Kabar terbaru menyebutkan bahwa Ketua DPD I Partai Golkar Sulut, Christiany Paruntu, akan mengikuti jejak NasDem dengan bergabung bersama Partai Demokrat di bawah pimpinan Lasut.

Sedangkan PSI, melalui Ketua Umumnya, Kaesang Pangerep, telah memberikan sinyal dukungan sejak awal kepada Lasut, yang dibuktikan dengan pertemuan antara keduanya belum lama ini.

Dengan begitu, KSSM yang dahulu begitu kokoh di bawah pimpinan Conny Rumondor, kini terpecah belah dan retak.

Rumondor terlihat seperti seorang kapten yang ditinggalkan oleh awak kapalnya, yang kini harus menghadapi badai politik tanpa dukungan yang solid dari partai-partai yang sebelumnya menjadi kekuatan utamanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa momentum politik ini semakin menegaskan dominasi Elly Lasut dalam peta politik Sulawesi Utara.

Pertanyaannya sekarang, apakah Rumondor akan mampu bertahan sendirian?

Sayangnya, ketua Gerindra Conny Rumondor saat diminta tanggapannya via seluler di nomor WhatsApp 0813-5657-7xxx terkesan enggan berkomentar lebih. Ia hanya merespon pesan WhatsApp dengan emot senyum.

Peliput : Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.