Bolmut Darurat Kabut Asap, Dewan Minta Dinkes Bagikan Masker ke Warga

0
208
ilustrasi kabut asap
ilustrasi kabut asap
ilustrasi kabut asap

TOTABUANEWS, BOLMUT – Pemkab Bolmut menaikkan status dari waspada kebakaran menjadi daerah darurat kebakaran diwilayah tersebut. Hal itupun membuat Wakil Ketua I DPRD Bolmut Arman Lumoto angkat bicara.

Pasalnya, sudah seminggu kabut asap melanda di Kabupaten Bolmut akibat terbakarnya lahan dan hutan di lima kecamatan belum ada gerakan dari pihak Dinkes setempat.

DPRD meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk segera mengantisipasi hal tersebut dengan membagikan masker. “Naiknya Status Waspada menjadi darurat kebakaran ini, seharusnya Dinkes bergerak cepat dengan membagikan masker ke masyarakat disetiap kecamatan yang saat ini dikepung asap,” ujarnya, Kamis (22/10/2015).

Dia juga menjelaskan, Dampak asap ini sangat berbahaya apabila tidak di antisipasi dengan serisu bisa mengakibatkan penyakit saluran pernapasan. “Antisipasi dengan membagikan masker ini sangat perlu, karena bisa mengakibatkan penyakit yang cukup serius bagi masyarakat, apalagi sudah seminggu ini asap masih mengepung beberapa wilayah di Kabupaten Bolmut,“ tutur politisi PAN itu.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr. Jusnan Mokoginta MARS, saat dikonfirmasi mengatakan, setelah dinaikkan status menjadi darurat kebakaran Dinkes telah menginsturuksikan seluruh puskemas yang ada untuk menangani dampak asap ini, melihat dampaknya bisa menimbulkan penyakit ISPA pada masyarakat.

“Saya telah mengantispasi dampak asap ini bagi masyarakat dengan menginstuksikan seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bolmut agar dapat menangani pasien yang gejalanya di akibatkan oleh kabut asap, dan saya berharap kepada masyarakat yang terkena ganguan pernafasan segera berobat ke puskesmas terdekat,” kata dia.

 

Dicky Mamonto

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.