Hanya 2 Pelatih Lokal di Liga 1 Musim 2022/2023

0
56
Pelatih kepala Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

TNews, OLAHRAGA – Deretan beberapa pelatih klub-klub Liga 1 musim 2022/23 sudah diketahui. Sebagian klub memilih bertahan dengan pelatih mereka, ada pula yang memutuskan menggantinya.

Tidak sedikit klub-klub Liga 1 yang memutuskan untuk tetap mempertahankan jasa pelatih mereka di musim 2021/22.

Penilaian ini bisa didasarkan karena kinerja yang mereka berikan kepada performa tim sepanjang musim lalu. Ambil contoh Bali United, yang mempertahankan Stefano ‘Teco’ Cugurra.

Teco dipertahankan oleh manajemen tim Serdadu Tridatu usai meraih gelar juara Liga 1 2021/22 dan lolos ke Liga Champions Asia di 2023.

Ada juga Persebaya Surabaya yang mempertahankan jasa Aji Santoso di kursi pelatih. Atas keberhasilan membawa Persebaya finis di lima besar, Aji Santoso mendapat penghargaan Pelatih Terbaik Liga 1 musim lalu.

Prestasi ini terbilang layak didapatkan oleh Aji Santoso karena dia menjadi satu-satunya pelatih lokal yang ada di urutan 5 besar klasemen.

Persebaya di bawah asuhan Aji Santoso memang sempat tak menjanjikan di awal musim, namun seiring waktu permainan mereka membaik bahkan sempat menjadi salah satu klub pesaing gelar juara dan memperebutkan slot ke kompetisi Asia.

Kemudian ada juga Persib Bandung yang masih bertahan dengan Robert Rene Alberts sebagai juru taktik. Meski gagal juara, Alberts mampu membawa Persib menjadi tim papan atas dan finis di peringkat kedua.

Atas torehan prestasi ini pula Persib Bandung bakal mentas di kompetisi Asia pada musim 2023.

Sementara untuk klub-klub Liga 1 yang mengganti pelatih mereka ada PSS Sleman misalnya. Mereka kembali menunjuk Seto Nurdiantoro sebagai juru taktik.

Hal ini dipastikan oleh manajemen tim “Elang Jawa” bahwa Seto bakal menggantikan posisi I Putu Gede. Seto telah diperkenalkan lewat Instagram resmi klub, Sabtu (9/4/2022). Tentu hadirnya Seto bisa memberikan warna tersendiri bagi PSS Sleman.

Seto memang bukan wajah baru di PSS Sleman. Sebelumnya, ia pernah bersama PSS pada 2018 hingga 2020. Bersama Seto, PSS Sleman berhasil promosi ke Liga 1 pada 2019. Tentu hadirnya Seto diharapkan bisa mengembalikan kejayaan tim kebanggaan Sleman Fans ini

Terbaru ada Persija Jakarta yang merekrut merekrut pelatih baru dengan pengalaman mumpuni di Eropa dalam diri Thomas Doll.

Thomas Doll diikat kontrak bersama Macan Kemayoran selama tiga musim. Nantinya, Thomas Doll tak hanya sebagai pelatih saja sekaligus manajer tim.

Daftar pelatih Liga 1 2022/23:

  1. Arema FC: Eduardo Almeida
  2. Bali United: Stefano Cugurra
  3. Barito Putera: Dejan Antonic
  4. Borneo FC: Milomir Seslija
  5. Dewa United: Nilmaizar
  6. Madura United: Fabio Araujo
  7. Persib: Robert Alberts
  8. Persik: Javier Rocha
  9. Persis Solo: Jacksen F Tiago
  10. Persita: Angel Alfredo Vera
  11. Persebaya: Aji Santoso
  12. PSS: Seto Nurdiantoro
  13. PSM: Bernardo Tavares
  14. Rans: Rahmad Darmawan
  15. Persija Jakarta: Thomas Doll

Belum punya pelatih:

  1. Bhayangkara FC
  2. PSIS Semarang
  3. Persikabo

 

 

Sumber : bolatimes

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.