DPMD Bolmong Libatkan Pemprov Sulut Gelar Sosialisasi Biogas

0
72
TOTABUANEWS, BOLMONG – Melihat masih adanya desa tertinggal, minim infrastruktur dan fasilitas penunjang lainnya seperti akses energi, serta keterbatasan energi yang makin terasa yang berdampak pada kerusakan lingkungan akibat kurang terjaganya fungsi pelestarian lingkungan, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar pelatihan dan penguatan Biogas, Kamis (1/3) di halaman Kantor PMD Bolmong di Lolak.
Dikatakan Kadis PMD Bolmong, Achmad Yani Damopolii bahwa mengantisipasi hal itu, pihaknya berupaya melakukan pengembangan Desa Mandiri Energi (DME) berbasis Biogas.
“Desa mandiri energi yakni desa yang masyarakatnya memiliki kemampuan memenuhi lebih dari 60 persen kebutuhan energi diantaranya listrik dan bahan bakar yang berasal dari sumber energi terbarukan yang dihasilkan melalui pendayagunaan potensi sumber daya setempat,” ujarnya saat pelatihan.
Lanjutnya, pelatihan ini akan dilakukan dua tahap dengan melibatkan seluruh desa yang ada di Bolmong.
“Untuk tahap pertama ini hanya perwakilan 100 desa. Undangannya dikirim ke kecamatan dan camat yang tentukan desa-desa mana yang akan ikut,”tambahnya.
Dijelaskan, untuk materi lain diberikan secara langsung oleh pihak Dinas PMD Provinsi Sulut.
“Teknisnya kan ada di mereka. Selesai pelatihan materi maka akan langsung dengan praktek. Karena kegiatan kami fokuskan hanya satu hari saja,”tutupnya.
Sementara itu, pihak Dinas PMD Provinsi Sulut melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa, Jimmy Ranti menuturkan, program desa mandiri energi ini bersifat spesifik lokal, serta juga harus merupakan integrasi dari berbagai program-program berbagai pihak.
“Oleh karena itu, harus ada monitoring dan evaluasi terutama untuk memantau tingkat kemampuan desa dalam memenuhi kebutuhan listrik dan bahan bakar dan manfaat langsung bagi masyarakat terkait kesempatan kerja dan pendapatan yang diciptakan,” singkatnya.
Diketahui, kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten I Setdakab Bolmong, Derek Panambunan.
Peliput: Ebby Makalalag

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.