Dinkes Kotamobagu: Laporkan Jika tak ada Pelayanan

0
50
Berantas DBD, Dinkes Rutin Lakukan PSN
Dahlan Mokodompit
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Pelayanan dokter di rumah sakit sering kali dikeluhkan masyarakat. Saat pasien membutuhkan pelayanan, dokter yang bersangkutan tidak berada ditempat. Hal ini sering ditemui disaat akhir pekan atau Hari Sabtu dan Minggu.
“Heran juga disaat Hari Sabtu dan Minggu tidak ada dokter di rumah sakit. Yang ada hanya perawat, mereka beralasan dokter sedang pulang kampung. Padahal, banyak pasien yang membutuhkan pelayanan,” keluh Harry, warga Kelurahan Sinindian, kemarin.
Menanggapinya, Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dahlan Mokodompit menuturkan, setiap harinya selalu ada dokter yang bertugas di rumah sakit meskipun itu hari Sabtu dan Minggu. “Sudah dibagishift. Pagi hari mulai pukul 7.30 Wita sampai pukul 14.00 Wita. Kemudian sore hari pukul 14.00 Wita sampai pukul 20.00 Wita. Malam hari mulai pukul 20.00 Wita sampai pukul 08.00 Wita (pagi keesokan harinya),” sebutnya.
Diungkapkannya, dokter di rumah sakit boleh tidak masuk kerja jika ada urusan penting yang tak bisa ditunda. “Itupun harus diganti dengan dokter yang lain, sehingga tidak ada kekosongan dokter,” ungkapnya.
Meski tak merinci berapa jumlah dokter yang bertugas di rumah sait, namun ia menyebutkan ada dokter yang berstatus ASN dan kontrak. “Jumlah dokter saya tidak tahu. Yang pasti dokter yang berstatus ASN maupun yang kontrak wajib bertugas sesuai jadwal kerja. Tak boleh ada keosongan dokter di rumah sakit. Kalau ada masyarakat yang mendapati demikian, silahkan laporkan ke kami (dinas kesehatan),” tambahnya.
Peliput : RMM

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.