Pererat Silaturahmi dengan Masyarakat, Polresta Sleman Gelar Jumat Curhat di Kecamatan Prambanan

0
136
Jumat Curhat digelar di Polsek Prambanan bersama tokoh-tokoh masyarakat di Aula Budi Pekerti Kapanewon Prambanan, Jumat (31/3/2023).

TNews, SLEMAN – Dalam upaya meningkatkan citra Polri dan kepercayaan masyarakat, Kapolresta Sleman  melaksanakan terobosan kreatif, salah satunya kegiatan bertajuk Jumat Curhat.

Menindaklanjuti perintah Kapolresta Sleman, kali ini safari Jumat Curhat digelar di Polsek Prambanan bersama tokoh-tokoh masyarakat di Aula Budi Pekerti Kapanewon Prambanan, Jumat (31/3/2023).

Kapolsek Prambanan, AKP Tri Hartanto, S.sos, M.M. dalam sambutannya mengatakan, safari Jumat Curhat ini bisa menjadi bahan koreksi atau masukan bagi kepolisian untuk kemajuan yang lebih baik bagi masyarakat.

Kapolresta Sleman yang diwakili oleh Kasat Binmas Polresta Sleman, AKP Sugiyanto, S.H., M.H. mengatakan, Jumat Curhat merupakan sarana yang diberikan kepada masyarakat, yang ingin menyampaikan berbagai masalah berkaitan dengan layanan kepolisian maupun gangguan kamtibmas yang terjadi di masyarakat, sehingga bisa diselesaikan dengan mudah.

Berkaitan dengan kamtibmas, ada 2 hal yang disoroti Kasat Binmas Polresta Sleman ; pertama, saat bulan puasa ini sedang trending pencurian. Modusnya, saat ditinggal pergi sebentar sudah dibobol.

“Yang kedua adalah kejahatan jalanan. Kejahatan jalanan ini jika berjalan terus akan berimbas ke sektor ekonomi, pendidikan, dan juga pariwisata. Namun yang paling kena imbasnya adalah sektor pariwisata, karena masyarakat bisa menganggap pariwisata di Yogyakarta tidak aman,” ujarnya.

Lanjutnya, kejahatan jalanan ini bisa dicegah jika ada kerja sama dengan masyarakat. Karena umumnya kejahatan ini dilakukan orang- orang muda, bahkan ada yang masih anak-anak.

“Kasus ini kasus kecil yang tidak setiap hari ada. Kasusnya bisa diselesaikan di tingkat paling bawah. Kalau kejahatan jalanan ditangani dengan patroli atau penegakan hukum, tidak akan pernah selesai, karena muaranya justru ada di masyarakat, dari keluarga. Kasat Binmas Polresta Sleman ini juga pernah meneliti, masalah biasanya berangkat dari keluarga, misalnya keluarga broken home,” jelasnya.

Tak lupa dia mengajak masyarakat melalui tokoh tokoh masyarakat yang hadir untuk menciptakan situasi keamanan yang kondusif di lingkungan masing-masing.

Reporter : Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.