Pemred Media Ternama Tewas Ditembak Sekelompok Pemuda

0
260

kekerasan-terhadap-wartawan-TOTABUANEWS, Benghazi – Muftah Bu-Zaid, seorang pemimpin redaksi salah satu media yang berpengaruh di Libia, ditembak mati oleh orang tak dikenal.

Salah satu petinggi departemen keamanan Libia menyatakan sejumlah pria bersenjata menembak mati Mutfah Bu-Zaid, di kota Benghazi timur, pada Senin (26/5/2014) malam waktu setempat.

Muftah Bu-Zaid adalah pemimpin redaksi Brnieq, salah satu koran paling penting di kota Benghazi, kota nomor terbesar nomor dua di Benghazi, setelah ibukota Tripoli. “Dia ditembak di bagian kepala, perut, dan tangannya ketika bepergian naik mobilnya pada pagi hari,” kata salah satu sumber medis, seperti dikutip dari Reuters.

Tetapi, hingga kini belum ada pihak yang menyatakan bertanggungjawab atas pembunuhan tersebut. Kejadian ini bukan yang pertama kalinya menimpa wartawan.

Pada bulan April lalu, dua orang wartawan bernasib naas dalam serangan mortir pada Rabu (20/4) waktu setempat, yakni Tim Hetherington, sutradara film Inggris nominasi Oscar dan fotografer serta Chris Hondros fotografer Amerika Serikat (AS).

Libya mulai mengalami gangguan keamanan sejak adanya pemberontakan tahun 2011 untuk menggulingkan pemerintahan Muammar Gaddafi. Sejak saat itu, mulai menjamur pemberontakan militan, termasuk Islam radikal yang sering menantang legitimasi negara.

Situasi keamanan makin memburuk, khususnya di kota Benghazi, kota kedua penghasil minyak dan pelabuhan utama di Libya. Pasalnya, sejak pekan lalu kalangan pemberontak yang dipimpin Jenderal Khalifa Haftar menyatakan perang kepada ‘teroris’, dengan menyerang kelompok Islam garis keras.

 

Sumber: Detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.