Sunyoto Paputungan: 2015, Realisasi Dana 1 Miliar per Desa

0
296
Sunyoto Paputungan
Sunyoto Paputungan
Sunyoto Paputungan

TOTABAUNEWS, Kotamobagu – Pemerintah pusat memastikan bahwa semua desa termasuk desa yang ada di kabupaten Bolaang Mongondow (Bomong), mulai tahun depan (2015) mulai akan menerima dana Rp 1 miliar.

Menurut pernonil Komisi DPRD Kabupaten (Dekab) Bolmong Sunyoto Paputungan, hal itu sesuai hasil konsultasi mereka dengan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Kemenrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, pekan kemarin.

“Selain kita komisi 1 ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) kemarin, kita juga ke Kemendagri mengkonsultasikan dana bantuan 1 miliar dari pemerintah pusat yang rencananya akan dikucurkan ke semua desa tahun. Dan hasilnya memang seperti itu,” ungkap politisi Partai Demokrat itu.

Namun kata Sunyoto, dari hasil konsulatsi itu juga, proses pencairan dana akan melihat besal wilayah dan jumlah penduduk desa. “Tak semua mendapatkan 1 miliar, tergantung jumlah jumlah penduduk dan besar wilayah desa,” kata Sunyoto.

Selain itu kataSunyoto, pencairan akan dilakukan secara bertahap. “Tidak langsung sebesar itu, mungkin tahun pertama paling besar yang akan di terima sekira dua ratusan juta,” ujarnya.

Dengan begitu kata Sunyoto, apabila dana tersebut sudah mulai dicairkan, Ia berharap keseriusan aparat desa untuk mengelola dana bantuan itu. “Pertanggung jawabannya harus jelas sehingga belakangan tidak akan berurusan dengan penegak hukum,” tegasnya.

 

Peliput: Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.