Pemkab Bolmong Siapkan Rp 4,4 Miliar untuk SMK

0
209

ILUSTRASITOTABUANEWS, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Dinas Pendidikan Nasional (Diknas), telah menyediakan dana sebesar kurang lebih Rp 4,4 miliar, untuk belanja asset dan pengadaan buku bagi sekolah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri maupun swasta.

Anggaran ini dibelanjakan untuk pengadaan buku referensi, peralatan praktek peserta didik, sarana olah raga, sarana kesenian, ensyclopedia, dan kamus.
Hal ini, sebagaimana dikatakan Kepala Diknas Bolmong, Drs Olii Mokodongan, Kamis (11/06). “Kami siap melaksanakan belanja asset dan buku karena telah dianggarkan lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2015 dan ini diperuntukan bagi murid di SMK Negeri maupun Swasta,” kata Mokodongan.

Dirinya juga memberikan peringatan tegas kepada pihak sekolah agar dalam pengadaan buku ini, murid tidak dipungut biaya.”Sekolah dilarang melakukan punggutan liar,” tegasnya.

Bahkan, mantan Kepala Dispora Bolmong ini, berjanji jika tidak ada aral melintang program ini berjalan, maka dirinya akan mengawasi langsung proses pengadaan hingga penyaluran buku ini sampai ke murid-murid.

“Mengenai dana Rp 4 Miliar lebih ini, akan saya cek kembali. Dan dengan disediakannya dana tersebut, tentunya akan membebaskan pungutan untuk anak didik,” ujarnya.

“Jika terjadi pungutan liar di sekolah, orang tua siswa segera melapor dan jangan segan-segan untuk melapor. Jika laporan itu terbukti, maka akan ada sangsi yang akan diberikan,” tegasnya lagi.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.