267 Kelompk Petani Boltim Terima Bantuan Pemerintah

0
90
Pemkab Bolmong Akan Perjuangkan Intensif Bagi Pemuka Agama

TOTABUANEWS,BOLTIM – Sebanyak 267 kelompok Petani di Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terima dana bantuan pupuk dari Pemerintah Pusat.

Program bantuan pupuk ini, sudah ada dari beberapa tahun, hanya saja sistem penyaluran bantuan mengalami perubahan. “Waktu lalu pihak ketiga memberikan bantuanya langsung kepada petani dalam bentuk pupuk, sekarang pemberian bantuanya barupa dana dan diserakan kepada kelompok langsung lewat rekening untuk dibelanjakan sesuai jumlah anggota dan lahan,” ujar Muli Ketua Kelompok Hybrida, Senin (8/1/2018).

Menurutnya, sistem pemberian langsung ke rekening petani. Merupakan cara baru yang digunakan pemerintah dalam menyalurkan bantuan. “Mungkin pemerintah berpikir serta mengevaluasi cara ini lebih efektif, sebab langsung ke tangan petani lewat kelompok. Namun dalam pengawasan Dinas Pertanian melalui penyuluh,” ujar Mul.

Sementara Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Benny Mokoginta, mengatakan, bantuan diberikan melalui kelompok yang direkomendasi sangadi. “Jadi kelompok ini bukan kami yang pilih, akan tetapi adanya rekomendasi Sangadi, karena mereka lebih mengetahui kelompok tani di desa, lalu memasukan proposal,” ujar Benny.

Pemberian bantuan pupuk sudah melalui beberapa cara dan mekanisme, per kelompok diberikan bantuan sesuai lahannya. Anggarannya dimulai dari Rp4 -7 juta rupiah. Pencairan dilakukan di Bank BNI.

 

 

DICKY MAMONTO

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.