Kobo Kecil Masuk Daerah Rawan Pangan

0
121
Nurchim P. Mokoagow
TOTABUANEWS, KOTAMOBAGU – Desa Kobo Kecil, Kecamatan Selatan, Kota Kotamobagu, teridentifikasi dalam Daerah Rawan Pangan. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kotamobagu, Nurchim. P Mokoagow, Rabu (21/03/2018).
“Kalau untuk desa/kelurahan, saat ini yang teridentifikasi adalah Desa Kobo Kecil,” katanya.
Beberapa indikator, yang menyebabkan suatu wilayah, atau daerah dikategorikan rawan pangan.
“Dilihat kesehatannya, apakah masih ada gizi buruknya atau tidak. Pertaniannya, luas wilayah sawah, dan tingkat sosialnya, apakah masih ada yang dikategorikan miskin. Untuk kategori ini, kami juga bekerja sama dengan lintas Instansi,” jelasnya.
Untuk keseluruhan, Kotamobagu Barat, juga masuk dalam fase kuning.
“Dari 4 Kecamatan, Kotamobagu Barat, yang ada difase kuning, berarti rawan. Maksudnya, belum kronis seperti ada difase merah,” singkatnya.
Sementara itu, Sekertaris Dinas Ketapang, Pieter Suli menambahkan, pemerintah menyadari, untuk menanggulangi hal ini, perlu tindakan menyeluruh.
“Memang kami memiliki cadangan persiapan pangan. Namun, sangat tidak tepat rasanya, untuk mengukur tingkat pemulihan kemiskinan, hanya lewat pemberian 15 kilo beras. Harus ada langkah berkesinambungan, dan menyeluruh, untuk hal ini. Yang jelas pemerintah, lewat kerjasama lintas sektor untuk mangatasi hal ini,” singkatnya.
Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.