Legit dan Enak, Dodol Kopandakan I Saingi Dodol Garut

0
330

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Masyarakat Kotamobagu dan sekitarnya, tak perlu lagi harus ke Pulau Jawa, untuk mendapatkan cemilan tradisional khas Indonesia, Dodol.

Cemilan dari tepung beras, santan, dan gula merah yang identik dengan Kota Garut, kini bisa didapatkan di Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Sangadi Kopandakan, I Muslim Tungkagi mengatakan, Dodol Kacang legit serupa Dodol Garut, telah menjadi produk unggulan masyarakat desa.

“Produk ini perlu dikembangkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kususnya warga pembuat dodol kacang ini. Produk ini juga sudah menjadi produk unggulan di desa kami, ” katanya.

Pengambangan produk ini adalah, untuk melestarikan makanan tradisional dan bagian dari program inovasi desa untuk mengangkat potensi maupun produk yang ada disetiap Desa di Kotamobagu.

“Kemarin kan kita sudah rapatkan ini. Kelompoknya sudah ada, kami dorong para kelompok ini melalui Dana Desa 2018 lewat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan menyentuh anggaran sebesar 150 juta. Produk ini yang akan kami kembangkan sehingga menjadi produk khas kami,” jelasnya.

Dirinya berharap, usaha Dodol Kacang Kopandakan I ini, bisa berkembang tak hanya di Pulau Sulawesi, juga bisa ke Pulau yang lainnya, termasuk Jawa.

“Kan, Dodol Garut itu jadi oleh-oleh, setiap orang bertandang ke Jawa. Begitupun Dodol Kacang ini. Lagipula tal kalah nikmat juga, jadi semoga bisa terua berkembang dan makin terkenal,” pungkasnya.

Peliput: Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.