Melirik Setra Kue Basah Khas Kotamobagu di Mongkonai Barat

0
185

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Kelurahan Mongkonai Barat  Kecamatan Kotamobagu Barat ternyata memiliki lokasi yang cukup strategis untuk penjualan aneka ragam kuliner khas Kotamobagu. Salah satunya jajanan yang terletak simpang Jalan AKD Komplek terminal bonawang Mongkonai Barat.

Aneka jenis kuliner khas Kotamobagu tersaji, mulai dari sayur mayur, buah-buahan serta kue basah dan kue kering.

Fatma Paputungan misal, salah seorang yang menjajakan jualannya mengatakan, jajanan atau kuliner yang dijual adalah produk khas warga Kelurahan Mongkonai, Kelurahan itu merupakan pintu masuk Kota Kotamobagu, sehingga tidak heran banyak pembeli yang datang dari luar Kotamobagu.

“Perhari itu banyak yang datang membeli disini, baik dari arah kotamobagu menuju Kota Manado maupun sebaliknya, ada juga dari daerah tetangga yang hendak menuju Wilayah Bolmong dan Bolsel,” kata Farmah.

Menurutnya, Warga yang berjualan ditempat itu, adalah warga setempat yang dibentuk sebagai kelompok. Hasil dari keuntungan itu kemudian dibagikan ke kas Mesjid dan sisanya dibagi per orang.  “Ada kelompok yang Kami bentuk untuk menjaga disini, kami bergantian satu minggu satu kali. 
Pokoknya semuanya adalah produk dari warga kelurahan ini, kalau ada dari kelurahan lain kami juga bisa jual disini, jadi kami tampung semuanya agar pembeli terpasat hanya disatu tempat saja,” ujarnya.

Harganyapun cukup murah, pengunjung bisa mendapatkan 4 buah kue hanya dengan uang Rp 5 Ribu rupiah saja. “Harganya murah, Rp 5 ribu bisa dapat empat buah kue. Sayur sayuranpun begitu ada yang Rp 7 ribu per porsinya. Keuntungannya cukup baik, kamu sungkankan ke Mesjid dan lainnya untuk kami,” terangnya

Terpisah Lurah Mongkonai Barat Yusuf Darwis mengatakan, Dirinya bakal menjadikan Mongkonai barat sebagai sentra produksi kue khas Kota Kotamobagu. “Apalagi ini merupakan kelurahan pintu masuknya kmKe Kotambagu, sehingga sangat strategis untuk pengembangan usaha tersebut,” ujar Darwis

Dengan begitu lanjut Darwis, ekonomi masyarakat setempat akan semakin meningkat. “Tentu ini sangat membantu yang ada disini. Nah, jika kita buat setranya disini pasti akan sangat baik dampaknya bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya.

Peliput : Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.