Umat Tridharma Kotamobagu Siapkan Ini Untuk Prosesi Perayaan Cap Go Meh

0
150

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Perayaan Cap Go Meh umat Tridharma Kota Kotamobagu terus di matangkan. Pihak panitia pelaksana mulai mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan dalam Cap Go Meh nanti. Bahkan untuk Kio atau tanduk yang akan dinaiki Tang Sin sudah dipersiapkan, meski bagian dalamnya belum pasang arca Sinbeng (Dewa.red). “Biasanya sesudah mendapat restu untuk di laksanakan Cap Go Meh, Kio sudah disiapkan terlebih dahulu sebelum hari raya puncak,” kata David Budiman Ketua Pemuda Klenteng.

Koh Fanny panggilan akrab David Budiman, menambahkan pada waktu yang di tentukan kedua Kio tersebut akan di pasang Arca oleh petugas sembahyang yang sudah di pilih“Petugas sembahyang nantinya yang akan meletakkan seluruh arca Sinbeng di dalam Kio,” imbuhnya

Hal senada juga disampaikan Berty Umbas salah seorang Tang Sin yang bertugas pada Cap Go Meh tahun lalu “Dalam kepercayaan kami, para Dewa akan bersatu dengan tubuh Tang Sin di atas Kio atau pikulan,” pungkas Berti

Pada perayaan Cap Go Meh nanti akan terlihat figur dewa yang akan masuk pada tubuh kasar Tang Sin,  Biasanya diperlengkapi dengan pedang, tombak dan senjata berbentuk lingkaran yang sengaja dibacok-bacokkan ke tubuh Tang Sin.

Sesuai informasi dari Klenteng Tian Shang Sheng Kotamobagu pada tahun ini sesuai restu akan tampil dua 2 Tang Sin di perayaan Cap Go Meh/Goan Siao.

 

 

Konni Balamba

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.