Toya Naton Dongkrak Produksi Ikan Nila Kotamobagu

0
42

TOTABUAN.NEWS, KOTAMOBAGU – Pembudidaya Ikan ternyata mampu mendongkrak produksi ikan di Kota Kotamobagu. Budidaya ini selain melestarikan ikan lokal, juga dijadikan lahan pemasukan dalam bidang bisnis.

Kelompok ‘Toya Naton’ Desa Bungko Kecamatan Kotamobagu Selatan, misalnya, dengan membudidaya beberapa jenis ikan. Selain jenis ikan Nila, kelompok ini juga membudayakan ikan jenis Gurame dan ikan Mas.

Menurut salah satu anggota kelompok Isan Pokona (40), peluang usaha ternak ikan terus terbuka lebar. Kemunculan budidaya ikan ini dapat memberikan hasil yang cukup baik. “Belum lama ini kelompok kita berdiri, namun sudah banyak orang yang datang membeli baik yang ikan produksi maupun masih dalam bentuk bibit Nila,” kata Isan, Senin, (24/06/2019).

Dengan ukuran kolam ikan kurang lebih 20 x 30 meter, kelompok ini mampu memproduksi ikan dengan ratusan Kilogram (Kg) , apalagi pada hari-hari besar tertentu. “Kalau ikan produksi itu harganya bervariasi, ada yang rp 30 Ribu per Kg kalau gurame itu sampai Rp 5p ribu per Kg. Nah, biasanya permintaan ikan itu biasanya meningkat pada hari-hari besar seperti lebaran dan natal, itu bisa, sampai ratusan kilogram,” jelasnya

Bahkan, kelompok budi daya ikan yang beranggotakan Lima orang ini pernah mendapat bantuan dari pemerintah Kota Kotamobagu berupa 6 ribu bibit ikan. “Yah, iyu pernah beberapa waktu lalu, kami diberikan bantuan bibit ikan jenis nkla sebanyak 6 ribu bibit,” ungkapnya

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kotamobagu Muljadi Suratenodjo mengatakan, pihaknya terus mendorong petani atau pembudidaya ikan yang ada di Kotamobagu.

Neno Karlina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.