Petani Kotamobagu Harap Ada Bantuan Bibit

0
168

TOTABUANEWS, Kotamobagu – Lahan pertanian saat ini terus digarap oleh para petani. Ini menyusul adanya hujan yang sudah beberapa hari terakhir ini turun dan membuat tanah kembali basah.
Pantauan wartawan  ini, selain petani jagung, masyarakat petani sawah pun saat ini mulai melakukan persiapan tanam atau penghamburan bibit.

Contohnya saja yang ada di Kelurahan mongkonai. Kini masyarakat petani mulai membajak sawah mereka masing-masing dan ada pula yang telah menyiapkan untuk penaburan bibit. Afan Paputungan salah seorang masyarakat petani di Kelurahan Mongkonai yang sempat diwawancarai media  ini menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan lahan dan untuk masa pembibitan sendiri, masih membutuhkan waktu kurang lebih 25 hari. Waktu yang cukup lama tersebut tentunya membutuhkan suplay air yang cukup banyak.

“Alhamdulillah dengan turunnya hujan akhir-akhir ini, maka kami bisa bercocok tanam lagi seperti sebelumnya,” terangnya.
Ditambahkan Afan, pihaknya mengharapkan agar kiranya pada musim tanam kali ini tidak ada hambatan lagi. Baik itu faktor cuaca maupun persoalan hama. “Kami berharap besar agar musim panen kali ini memberikan keuntungan yang banyak. Sebab dengan adanya musim kemarau masyarakat petani sangatlah kesulitan,” ungkapnya.

Disisi lain, masyarakat petani pulahingga kini masih menunggu penyaluran bibit dari pemerintah daerah. Sejumlah petani kepada media ini berharap agar kiranya Pemda dalam hal ini dinas terakit bisa menyalurkan bibit, baik itu untuk pertanian sawah maupun jagung serta bibit lainnya. “Kami masih menunggu penyaluran bibit dari pemerintah daerah ,” harap Afan dan beberapa rekan lainnya.

Peliput: Muslim Paputungan

Editor: Konni Balamba

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.