Yasti Ambil Sumpah Dan Lantik Tujuh Penjabat Sangadi

0
56
Yasti Ambil Sumpah Dan Lantik Tujuh Penjabat Sangadi

TOTABUANEWS, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri sekaligus memimpin acara Penyumpahan dan Pelantikan Sangadi dan Pejabat Sangadi,yang dilaksanakan di kantor bupati di Lolak, Rabu (26/7/2017).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, desa merupakan ujung tombak pemerintahan dan juga satu kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah dan memiliki kewenangan untuk mengatur serta mengurus kepentingan masyarakat setempat, yang diakui dan dihormati dalam sistem NKRI.

“Maka dari itu, apa yang ada di Desa mulai dari Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia harus dikelolah dengan dimaksimalkan dengan baik, apalagi untuk kemajuan di Desa,” ungkapnya

Dirinya menambahkan, berdasarkan perundang-undangan yang berlaku mengamanatkan, bahwa kepala desa berhenti karena berakhir masa jabatannya, sehingga untuk mengisi kekosongan kepala pemerintahan di desa, harus dilaksanakan penggantian sangadi dengan mengangkat penjabat sangadi yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui keputusan Bupati Bolmong.

“Sebagai pemimpin penyelenggara pemerintahan desa, penjabat sangadi merupakan pengambil keputusan sekaligus penanggung jawab setiap keputusan, yang akan dilaksanakan oleh pemerintah desa, karena keberhasilan pembangunan di desa sangat ditentukan oleh kepemimpinan penjabat sangadi, untuk itu dengan dilantiknya sangadi ini mencerminkan besarnya harapan masyarakat akan adanya perubahan yang lebih baik lagi ” ujarnya.

Yasti menjelaskan, dalam menjalankan kepemimpinan di desa, penjabat sangadi dituntut untuk lebih visioner, kreatif dan inovatif selain itu, penjabat sangadi dituntut untuk mampu menggali dan menggelola potensi sumber daya alam, serta sumber daya manusia yang di pimpinnya.

” Saya harap kepada para sangadi yang baru dilantik agar dalam melaksanakan program dan kegiatan desa, penjabat sangadi harus selalu melibatkan seluruh komponen masyarakat, hal ini sangat penting untuk memperoleh dukungan dalam pelaksanaanya, sehingga beban kerja sebagai penanggung jawab pembangunan di desa menjadi lebih ringan.

Laksanakan tugas juga harus dengan amanah, sehingga pembangunan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat, serta dapat dipertanggung jawabkan,” tukas Yasti.

Acara pelantikan tersebut, turut dihadiri oleh Asisten I, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat, Sangadi, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Peliput: Ebby Makalalag

Sangadi yang dilantik dan diambil sumpah yaitu:

– Asrub Papene Penjabat Sangadi Desa Bonawang Kecamatan Dumoga Utara,

– Simon Daud Sangadi Desa Pasir Putih Kecamatan Sangtombolang,

– Ketut Kolak Penjabat Sangadi Desa Mopugad Selatan Kecamatan Dumoga Utara,

– Mithawati Usup Sangadi Desa Toruakat Kecamatan Dumoga,

– Allow William Penjabat Sangadi Desa Dulangon Kecamatan Lolak,

– Hermoni Manggopa Penjabat Sangadi Desa Dumoga Kecamatan Dumoga Timur,

– Irwanto Mokoginta Penjabat Sangadi Desa Bilalang III Utara Kecamatan Bilalang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.