Festival Kampung Wisata Digelar 3 Hari, Dikemas dengan Konsep Pasar Malam

0
118
Gambar: Suasana arak-arakan bregada yang ditampilkan dalam pembukaan festival kampung wisata oleh Dinas Pariwisata Jogja, Jumat (21/6/2024). Foto: Clementine Roesiani.

TNews, YOGYAKARTA – Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menggelar Festival Kampung Wisata pada tanggal 21-23 Juni 2024 di XT Square. Festival yang dilaksanakan 3 hari ini mempunyai tujuan meningkatkan lama tinggal wisatawan di kota ini. Berbagai event budaya dan hiburan rakyat ditampilkan kepada masyarakat.

Festival ini diawali dengan kirab bregada yang menandai pembukaan festival. Tampil dengan berbagai macam kostum, kirab diiringi dengan tabuhan, drum, terompet, dan seruling. Para bregada terdiri dari para lelaki dan perempuan, baik muda maupun dewasa yang berasal dari 25 kampung wisata di Kota Yogyakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, Festival Kampung Wisata merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara konsisten untuk mendukung kemajuan pariwisata Kota Yogyakarta. Ada kampung wisata berbasis kerajinan, seni budaya, pertanian, kuliner, dan keindahan lingkungan.

Gambar: Permainan pasar malam seperti bianglala hadir dalam Festival Kampung Wisata Kota Yogyakarta yang dikonsep dengan pasar malam.

“Terdapat keunikan di setiap kampung wisata di Kota Yogyakarta berupa tradisi masyarakat. Ini potensi yang ditampilkan sebagai bentuk expo budaya yang senantiasa dicari wisatawan”.

Wahyu berharap, festival ini menguatkan branding sekaligus mengenalkan ke publik potensi-potensi wisata yang ada di dalam kampung wisata untuk mendukung kemajuan pariwisata.

Tahun ini festival dikemas dengan konsep Pasar Malam Kampung Wisata. 25 stan kampung wisata menampilkan potensi masing-masing.

Gambar: Salah satu stan yang ikut memeriahkan Festival Kampung Wisata.

“Kami selalu menyelenggarakan sebuah event bertepatan dengan momentum-momentum. Festival kampung wisata ini dalam rangka mengisi libur panjang. Kami mencoba mengenalkan dan mengasah potensi yang dimiliki oleh masing-masing kampung wisata dengan bregada, dengan produk kuliner, suvenir dan fashionnya, yang mereka paparkan dan dijual di pasar malam kampung wisata. Ini juga sebagai ajang promosi keberadaan mereka lengkap dengan segala potensi yang dimiliki,” jelasnya.

Pasar Malam Kampung Wisata menghadirkan permainan khas hiburan rakyat seperti bianglala, ombak banyu, dan kora-kora. Selain itu juga dimeriahkan dengan panggung hiburan dan pentas musik.*

Peliput: Clementine

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.