Balai Benih Ikan Dinas Perikanan Dorong Peningkatan PAD

0
150

ADVETORIAL, BOLMONG — Guna mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dinas Perikanan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) saat ini mulai mengelola kolam bioflok yang ada di Balai Benih Ikan (BBI) milik pemerintah di Desa Wedhi Agung, Kecamatan Dumoga Tengah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tahlis Gallang saat mengunjungi BBI tersebut, mengatakan budidaya ikan dengan media kolam bioflok bisa mempersingkat masa panen.

“Teknologi ini bisa meningkatkan hasil PAD di instansi terkait. Saya optimis, karena masa panen yang lebih singkat,” kata Tahlis.

Sementara itu, Kadis Perikanan Parman Ginano menjelaskan, bioflok adalah salah satu teknologi budidaya ikan melalui rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaat mikro organisme yang secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan.

“Intinya untuk pembenihan dan budidaya (kalau diperikanan) untuk pembesaran benih, dan persiapan induk untuk pemijahan. Pemijahan atau ikan nila bertelur menggunakan hapa (Jaring),” ungkap Parman, Senin (26/07/2021).

Prinsip dasar bioflokkata dia, adalah mengubah senyawa organik dan anorganik yang terdiri dari karbon, oksigen, hidrogen, dan nitrogen menjadi massa sludge berbentuk bioflok. Perubahan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan bakteri pembentuk gumpalan sebagai bioflok.

“Bioflok merupakan teknologi yang memicu peningkatan produktifitas perikanan budidaya, yang nantinya akan menopang peningkatan PAD kedepan. Kita optimis datangkan PAD untuk daerah,” ujarnya.

Ikan yang dibudidaya melalui sistem bioflok kata dia, relatif cukup mudah. Media budidaya seperti air hanya sekali dimasukkan dalam wadah dan dapat digunakan sampai panen, Penambahan air hanya untuk mengganti penguapan dan pengontrolan kepadatan.

“Budidaya ikan bioflok pun tak perlu lahan luas. Sehingga,  budidaya ini menjadi sumber pendapatan bagi daerah,” bebernya.

“Bahkan ikan yang dibudidaya sistem bioflok bisa dijual dijual ke sejumlah pedagang ikan, rumah makan, jasa rekreasi pemancingan, dan pengolahan fillet. Karena itu, usaha budidaya nila bioflok ke depannya sangat prospektif,” tambahnya.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.