Bupati Bolmong Resmikan Dua Desa di Kecamatan Dumoga Timur

0
327
Bupati dan wakil bupati Bolmong

ADVERTORIAL

Bupati dan wakil bupati Bolmong
Bupati dan wakil bupati Bolmong

TOTABUANEWS, DUMOGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), yang dipimpin Hi Salihi Mokodongan dan Wakilnya Yanny Ronny Tuuk STh MM, Kamis kemarin, meresmikan dua desa hasil pemekaran di Desa Dumoga I dan Desa Dumoga II, Kecamatan Dumoga Timur. Selain meresmikan dua desa yakni Desa Dumoga III dan Desa Dumoga IV, Bupati Hi Salihi Mokodongan yang didampingi Wakilnya Yanny Ronny Tuuk STh MM, juga melantik dan mengambil sumpah pejabat sangadi di desa tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Hi Salihi Mokodongan mengatakan, desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang merupakan satu kesatuan masyarakat hukum, yang memiliki kewenangan mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat. “Peresmian desa hari ini, pada hakekatnya merupakan aspirasi masyarakat desa yang ingin membangun wilayahnya secara mandiri,” kata Mokodongan.

Menurutnya, pemekaran desa ini, jangan dijadikan sebagai pemisah hubungan persaudaraan, perkawanan serta silatuhrahmi antar sesama.”Pemekaran desa hanya sebatas berpisah dari segi administratif, jangan sampai memisahkan secara emosional dengan saudara dari desa induk,” ujar Mokodongan.Salin itu, inti dari pemekaran desa ini semata-mata dalam upaya pemerataan pembangunan serta pelayanan prima kepada masyarakat.”Pemerkaran ini, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

3Bupati juga berpesan kepada penjabat sangadi yang baru dilantik agar menjaga amanat yang telah diberikan pemerintah serta bekerja dan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, sesuai peraturan perundang-undangan undangan yang berlaku.
“Bagi para pejabat sangadi, agar bekerja demi kepentingan bersama dan tetap menjaga amanah serta kepercayaan masyarakat,” pesannya.

4Diinformasikan, pemekaran ini merupakan usulan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmong, yang dituangkan dalam payung Peraturan Desa (Perda) tentang pemekaran desa, beberapa waktu lalu.Dalam acara peresmian dan pelantikan pejabat sangadi di dua desa yang baru dimekarkan itu, dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling SE MM, pimpinan SKPD, camat Dumoga Timur, warga desa setempat, serta para tamu dan undangan.

 

KONNI BALAMBA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.