Hadiri Musrenbang RKPD Sulut Tahun 2023, Yasti: Semoga Program Pemprov Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

0
93

ADVETORIAL, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 2023, di Hotel Four Point Manado, Selasa 19 April 2022.

Musrenbang RKPD Provinsi Sulut tersebut dibuka langsung Wakil Gubernur Steven Kandouw mewakili Gubernur Olly Dondokambey, dihadiri seluruh kepala daerah serta Forkopimda.

Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow mengatakan, Musrenbang RKPD Sulut tahun 2023 ini merupakan salah satu langkah untuk mensinkronkan program Provinsi dan Kabupaten/Kota khususnya Kabupaten Bolaang Mongondow.

Lanjut Bupati Yasti, forum Musrenbang ini juga tentunya akan menyelaraskan program pembangunan daerah sesuai dengan instruksi Presiden RI.

“Semoga apa program Pemprov Sulut di tahun 2023 mendatang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Bupati.

Sementara itu, Wagub Steven Kandouw saat membuka Musrenbang menyampaikan, mengajak seluruh kepala daerah terkait beberapa hal yang harus diperhatikan sesuai target pemerintah pusat.

Beberapa target tersebut yakni, pertumbuhan ekonomi 5-5,7 persen, angka kemiskinan 5,9 persen, tingkat pengangguran terbuka 6-6,5 persen dan gini ratio 0,355 serta indeks pembangunan manusia di angka 74.

“Menurut saya angka-angka sesuai target itu rasional. Tapi untuk mencapai perlu kerja keras. Kuncinya ada pada seluruh kepala daerah,” tegas Kandouw.

Tak hanya itu, untuk sektor pariwisata juga kata Kandouw, tidak boleh dikesampingkan. Sebab pandemi Covid-19 yang menurun diperkirakan kunjungan masyarakat di tempat-tempat liburan akan meningkat. “Harapan saya soal perencanaan pengembangan pariwisata juga jangan dilupakan,” ujarnya.

Selain itu, Steven juga meminta kepada daerah memperhatikan penanganan stunting.

Sekaligus dia berharap kerjasama pihak TNI dan Polri agar kepada derah di Sulut menjaga potensi kerawanan dan menjaga keamanan di tingkat masyarakat. “Semua harus kita antisipasi, termasuk keamanan dan lain sebagainya,” ucap Kandouw.

Sekadar diketahui, Musrenbang RKPD Sulut tahun 2023 ini dihadiri langsung Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri RI Agus Fatoni.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.