Inovasi Diskominfo Kukar: Peningkatan Akses Informasi Melalui Sinergi KIM dan Website Desa

0
24
Rakor KIM dan Website Desa di Auditorium Gedung LPPL Radio Pemerintah Kabupaten Kukar pada Kamis (5/10/2023)

TNews, Kukar– Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memimpin upaya mewujudkan akses informasi terpadu melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Website Desa di Auditorium Gedung LPPL Radio Pemerintah Kabupaten Kukar, Kamis (5/10/2023).

Dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kukar, Dafip Haryanto, acara dengan tema “Sinergitas Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) dan Pembuatan Website Desa dalam rangka diseminasi informasi publik” dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Camat Marang Kayu, perwakilan Bank BPD Kaltimtara, perwakilan KIM, dan aparat Pemerintah Desa Se-Kecamatan Marang Kayu.

Rakor ini berfokus pada meningkatkan akses masyarakat terhadap informasi publik yang relevan dengan kehidupan mereka. Strategi utama yang dibahas dalam diskusi adalah peningkatan kualitas dan kelengkapan informasi melalui website Desa.

Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) diharapkan berperan aktif dalam mengumpulkan dan menyampaikan informasi dari masyarakat kepada Pemerintah Desa. Informasi tersebut kemudian diunggah ke website Desa untuk konsumsi publik, sesuai dengan prinsip transparansi yang diamanatkan oleh Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 Tahun 2019.

Kadi Kominfo Kukar Dafip Haryanto menjelaskan bahwa sinergi antara KIM dan website Desa akan mempermudah akses dan pemahaman masyarakat terhadap informasi pembangunan dan kegiatan di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Rakor ini menjadi simbol komitmen Diskominfo Kukar untuk memajukan transparansi dan partisipasi masyarakat melalui teknologi informasi dan komunikasi modern,” ujar Dafip Haryanto.

“Dengan adanya sinergi yang lebih kuat antara KIM dan website Desa, masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara akan lebih mudah mengakses dan memahami informasi yang berkaitan dengan pembangunan dan kegiatan di wilayah mereka, serta bisa memberikan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penyebaran informasi Pemerintah Daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara,” sambungnya. (Adv/Diskominfo Kukar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.