Ketua DPRD Minut Pimpin Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan HUT RI Ke-76

0
80
Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo disaksikan secara Virtual di DPRD Minut

Dua Agenda Rapat Paripurna DPR/MPR dan DPD RI Diikuti Secara Virtual di Minut

Suasana Paripurna di DPRD Minut Ketua DPRD Denny K Lolong didampingi Wakil Ketua Olivia Mantiri dan Daniel Rumumpe serta Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin W Lotulung

TNews, Minut – Dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Penyebaran Covid-19, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Minahasa Utara (Minut) Senin (16/08/2021) menggelar Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa Utara Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke 76 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di hadapan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2021, yang dipimpin ketua DPRD Minut Denny Kamlon Lolong, S.Sos didampingi kedua wakil ketua Olivia Mantiri dan Daniel Mathew Rumumpe. Dan dihadiri Bupati Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung SH MH.

Para Anggota DPRD Minut dalam Sidang Paripurna

Sementara itu, Pidato Kenegaraan yang dibawakan oleh Presiden Ir. Joko Widodo di depan anggota DPR/MPR dan DPR RI, disaksikan melalui virtual live streaming di ruang rapat paripurna DPRD Minut

Jika beberapa tahun sebelumnya, ketika Covid-19 belum mewabah kegiatan Paripurna tanggal 16 Agustus, adalah ajang memperkenalkan para terbaik dan dipadati oleh berbagai undangan sehingga ruangan paripurna penuh sesak oleh masyarakat yang hadir.

Dari Kanan ke Kiri terlihat anggun, Ny Martha Lolong Kalesaran istri Ketua DPRD Minut, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP PKK) Ny Rizya Ganda Davega dan Wakil Ketua 1 TP PKK Ny Kristi Lotulung Arina SE MM, tampak duduk dengan protokol kesehatan mengikuti jalannya rapat paripurna.

Namun hal ini tidak berlaku untuk tahun 2021, dengan segala keterbatasan akibat Prokes Covid-19 serta Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 (tiga) yang juga berlaku di sekretariat DPRD Minut lewat. Pihak sekretariat membatasi jumlah tamu dan undangan yang menghadiri paripurna dan itupun harus melalui Prokes Covid-19 yang ketat, bahkan pihak dewan juga menyediakan jaringan Daring yang terhubung langsung dengan akun DPRD Minut yang menyiarkan kegiatan paripurna secara Virtual Live Steraming.

Pimpinan DPRD, Anggota Dewan, Bupati dan Wakil Bupati, Forkopimda, kemudian mengikuti secara saksama tampilan layar Live Streaming yang memperlihatkan suasana jalannya sidang para wakil rakyat di Gedung DPR/MPR/DPD RI Senayan Jakarta, dipimpin bersama Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua DPD  La Nyala Mattalitti, dihadiri anggota DPR/MPR dan DPD RI, Presiden RI Joko Widodo beserta para pejabat tinggi serta pimpinan lembaga negara.

Ketua DPRD Minut Denny K Lolong mengatakan, pidato Presiden Ir Joko Widodo yang berisi sambutan dalam rangka peringatan HUT Ke 76 Kemerdekaan RI, Jokowi menegaskan, kondisi pandemi Covid 19 yang masih ada, sehingga kita dituntut harus mawas diri, perbaiki diri serta memperkuat diri.

Foto Bersama Jajaran Forkopimda dan Anggota DPRD Minut usai Paripurna

“Menurut pidato presiden, pandemi ini juga mengajarkan dan mengajak untuk kita kuat menahan beban berat dan beresiko untuk  kita dihadapi secara bersama. Disaat kita bersatu maka disitulah kekuatan kita. Kita harus tahan, banyak sabar, tetap tabah dan kuat bertahan. Bapak Presiden juga mengingatkan kita, harus pandai, cepat dan tepat bertindak. Pandemi ini sebagai proses ujian untuk menjadi bangsa yang tahan banting,” kata Delon meniru ucapan Jokowi.

Dan perlu kita ingat, sesuai pesan pak Presiden, lanjut Lolong, bahwa kemerdekaan bukan hadiah ataupun pemberian, tetapi diraih dengan perjuangan dan diplomasi. “Perjuangan ini harus diperkuat fondasi yang baik sebagai kekuatan untuk membangun,” tutup Delon.

Senada dengan ketua DPRD Minut, Bupati Joune Ganda juga menyampaikan beberapa maksud dan petunjuk Presiden bagi pemimpin di daerah yang sedang melaksanakan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-1.

Foto Bersama Pimpinan DPRD, Bupati dan Wakil Bupati Serta Jajaran Forkopimda usai Paripurna

Pesan Jokowi yang dicerna bupati JG adalah bahwa Pandemi telah mengingatkan kepada kita untuk peduli kepada sesama, penyakit yang diderita oleh seseorang akan menjadi penyakit bagi semuanya, penyelesaian pribadi tidak akan pernah menjadi solusi, penyelesaian bersama menjadi satu-satunya cara.

“Dengan budaya yang selalu saling peduli dan saling berbagi masalah yang berat ini bisa dengan mudah diselesaikan. Mari kita pegang teguh nilai-nilai toleransi, Bhineka Tunggal Ika, Gotong Royong dan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kita lewati ujian pandemi dan ujian-ujian setelah ini dengan usaha yang teguh, disertai dengan doa, pengharapan yang tulus, kita jaga kesehatan kita, disiplin diri dalam protokol kesehatan serta saling menjaga dan saling membantu” beber JG yang bertekad menjalankan amanat Ir Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Selanjutnya bupati yang didampingi wakilnya Kevin W Lotulung mengatakan bahwa tema pelaksanaan peringatan HUT RI ke-76 tahun 2021 yakni Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, hanya bisa diraih dengan sikap terbuka dan siap berubah menghadapi dunia yang penuh distrupsi serta bahu membahu dan saling bergandeng tangan dalam satu tujuan. “Ketika kita bersatu dan saling membantu, pasti bisa lolos dari setiap tantangan baik hari ini maupun kedepan dan tentunya tetap mengandalkan Tuhan dalam setiap hal dan kesempatan,” kata bupati.

Bupati Joune Ganda juga mengatakan saat ini untuk kabupaten Minahasa Utara, sudah banyak perhatian sebagai langkah strategi yang diharapkan Presiden Jokowi untuk memajukan Bangsa Indonesia.

“Dari banyak aspek yang diangkat dalam pidato Presiden Jokowi seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, tentu ini semua semata-mata dalam rangka mengangkat tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Kita juga bisa mendengar besaran target pertumbuhan ekonomi di tahun akan datang. Sebagai pemerintah kabupaten tentu kita akan mengacu seluruh perencanaan dan program sebagai langkah sinergitas. Untuk itu kita akan berusaha mencapai target tersebut, termasuk bagaimana kita menggunakan anggaran yang sudah dialokasikan ke daerah ini, untuk sebesarnya bagi kesejahteraan masyarakat Minut sendiri,” jelas Joune Ganda didampingi Kevin Lotulung

Usai mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI Ir. Joko Widodo, tampilan Live Streaming kemudian beralih pada agenda Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah Atas Rancangan Undang-undang Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022 Beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukung yang dibuka oleh ketua.

DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani , S.Sos. Ditandai dengan ketukan palu menandakan dibukanya masa persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 dan Presiden memberi pidato sebagai Pengantar Rencana Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2022 dan Nota Keuangan.

Sebelum menutup secara resmi rapat rapat paripurna, Ketua DPRD Denny K Lolong S.Sos, mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh yang berada dalam ruang rapat peripurna baik anggota DPRD, Pimpinan Daerah serta tamu undangan. Juga Delon berterima kasih kepada khalayak di MInahasa Utara yang mengikuti paripurna secara virtual di masing-masing tempat yang ada. “Terima kasih kepada kita semua dan Selamat memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Merdeka,” kata Lolong.

Sidang paripurna DPRD Minahasa Utara dipimpin Ketua DPRD Minahasa Utara Denny K.Lolong, S.Sos, selain diikuti bupati dan wakil bupati, juga diikuti anggota DPRD, Forkopimda yakni Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Utara Fanny Widyastuti Kepala Pengadilan Airmadidi, Perwira penghubung Dandim 1330 Bitung, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan (TP PKK) Ny Rizya Ganda Davega, Wakil Ketua 1 TP PKK Ny Kristi  Lotulung Arina SE MM, Sekretaris Daerah Jemmy Kuhu, Sekretaris DPRD Minut Yossy Kawengian dan pimpinan perangkat daerah Minut lainnya serta undangan. (MT/Adv)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.