Nikah Massal di Desa Poopo Barat Sukses Digelar

0
50

ADVETORIAL, BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) sukses menggelar nikah massal, Rabu 4 Desember 2019, di Balai Desa Poopo Barat, Kecamatan Passi Timur, Sedikitnya 72 pasangan berpartisipasi mengikuti nikah massal tersebut.

Tema Nikah Massal Kali ini yakni, Pencatatan perkawinan missal membahagiakan masyarakat di Kecamatan Passi Timur. Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong, Tahlis Gallang SIP MM, menghadiri langsung kegiatan tersebut.

Dalam kesempatannya, Tahlis mengatakan, nikah massal bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi para pasangan yang sebelumnya hanya nikah secara agama agar secara hukum di Indonesia resmi sebagai pasangan suami istri. “Tahun 2019 ini, kegiatan nikah massal ini kami gelar kembali. Saya juga apresiasi untuk masyarakat Poopo, kecamatan passi timur, atas atensinya dalam mensukseskan kegiatan ini, ada 72 pasang di kecamatan ini, baik itu pengantin lama dan baru, yang selama ini menikah hanya sesuai agama Tapi hari ini pemerintah memberikan kesempatan kepada mereka agar statusnya sah secara hukum,” ungkap Tahlis Gallang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)  Bolmong Iswan Gonibala menambahkan, target untuk nikah massal ini sebenarnya hanya 50 pasang, namun  membludak menjadi 72 pasangan. “Ini sudah kaloi ke dua kami laksanakan program ini di Tahun 2019, pertama di Kecamatan Bolaang dengan peserta di atas tujuh puluhan lebiih,”ungkapnya

Dikatakan Iswan, pasangan yang mengikuti program ini, nantinya akan mendapatkan akte nikah, yang berarti sudah diakui pemerintah dan terdaftar dalam register catatan sipil. “Tujuannya untuk memenuhi administrasi kependudukan secara sah dengan memberikan akta nikah secara gratis buat masyakat,” tutur Iswan.

Menurutnya, banyak masyarakat yang belum mendapatkan kartu nikah walaupun secara sah sudah menikah. Dengan demikian, program ini juga bagian dari memperjelas status pernikahan masyarakat termasuk mempermudah masyarakat untuk mendapat legitimasi dari negara.

Diketahui, Sekretaris Daerah Bolmong Tahlis Gallang didampingi Kepala Disdukcapil, Iswan Gonibala, menyerahkan akte nikah sebagai administrasi pencatatan kepada pasangan yang mengikuti Nikah massal. Hadir dalam acara itu pihak keluarga para pasangan. Bahkan anak dari pasangan mereka juga ikut hadir.

 

Yogi Mokoagow

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.