Yasti Dampingi Mensos Risma Kunujungi Korban Banjir di Desa Batu Merah

0
14

ADVETORIAL, BOLMONG — Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini, Kamis (30/09/2021) mengunjungi korban pasca banjir bandang yang menghadang Desa Batu Merah, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Pantauan Totabuan.News, rombongan Mensos tiba sekira pukul 18.30 Wita di lokasi bencana, setelah menempuh perjalanan darat kurang lebih empat jam, usai melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Provinsi Gorontalo.

Menteri Risma melihat langsung korban dan kondisi jembatan serta alur sungai yang ikut menyebabkan luapan air, sehingga membawa material lumpur, pasir, batu dan pepohonan menggenangi permukiman warga.

Setelahnya, Menteri Risma bersama rombongan yang didampingi Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Sekda Tahlis Gallang, Ketua DPRD Welty Komaling, Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu, Dandim 1303/BM Letkol Inf Raja Gunung Nasution, beserta jajaran terkait, melihat bangunan tanggul di alur sungai yang jebol beserta bangunan sekolah yakni TK, SD dan SMP.

Selanjutnya, mantan Wali Kota Surabaya itu, menuju ke tenda dimana ada sekitar empat puluhan lebih anak korban banjir bandang, yang tengah mendapatkan dukungan layanan trauma healing.

Risma pun mendapat sambutan suka cita dari anak-anak korban banjir bandang tersebut. Dirinya juga ikut berdialog dengan para korban. Termasuk kelompok rentan, seperti anak-anak dan lansia.

Puncaknya, ikut didampingi Bupati Yasti, Menteri Risma menyerahkan langsung bantuan kepada warga terdampak banjir bandang.

Dirinya juga ikut langsung menyambangi beberapa keluarga yang kehilangan tempat tinggal akibat banjir bandang dan menyerahkan bantuan berupa makanan, selimut, pakaian, tenda, kasur, beras dan lainnya.

Mensos Rismaharini saat diwawanca sejumlah awak media mengatakan, Bupati Yasti sudah melaporkan akan merelokasi rumah warga yang terdampak banjir bandang. “Nanti pembangunannya akan kami bantu dana Rp 20 juta. Dana itu sesuai standar Kementerian Sosial. Harus ada lahan yang lebih save yang disiapkan Bupati untuk dibangun rumah warga. Nantinya juga akan dibantu oleh pak Dandim 1303/BM dan Kapolres Bolmong,” ungkap Mensos.

Risma menambahkan, hal prioritas yang harus dilakukan pasca banjir yaitu, dapat dibangunnya bangunan pengaman di alur sungai, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Nanti saya akan sampaikan ke kementerian terkait,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Yasti disela-sela kegiatan mengucapkan terima kasih atas perhatian Mensos Tri Rismaharini yang turun langsung di lokasi bencana.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat yang rumahnya rusak parah dan hanyut terbawa banjir bandang, agar dapat mengungsi sementara di rumah keluarga maupun tetangga. “Mengingat cuaca saat ini masih kurang bersahabat agar mengungsi dulu di rumah kerabat atau keluarga agar aman. Nanti persoalan kebutuhan sehari-hari, menjadi tanggungjawab penuh pemeritah daerah,” tutur Yasti.

Adapun data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bolmong menyebutkan, wilayah terdampak bencana alam banjir yakni Kecamatan Sangtombolang dan Kecamatan Lolak. diantarnya, Desa Batu Merah dampak terparah banjir bandang. Bolangat Timur, Cempaka, Bolangat, Lolanan, Domisil, Maelang, Bontalo, Buntalo Selatan, Sauk, Batu Rapa dan Bumbung.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.