Yasti Lantik 366 Anggota BPD Terpilih di Lima Kecamatan

0
8

ADVETORIAL, BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow resmi melantik dan mengambil sumpah janji kepada anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih di lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Passi Barat, Kecamatan Passi Timur, Kecamatan Bilalang, Kecamatan Lolak dan Kecamatan Sangtombolang.

Pelantikan tersebut, dilaksanakan di Aula Loby Kantor Bupati, Selasa (12/10/2021).

Bupati Yasti dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada penyelenggara dan panitia pemilihan anggota BPD di 5 Kecamatan yang ada. “Terimakasih, sehingga anggota BPD pada hari ini dapat diambil sumpah dan janjinya,” ungkapnya.

Pembentukan BPD kata dia, merupakan amanah undang-undang no 6 Tahun 2014 tentang Desa. “BPD berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa, sehingga hal tersebut mengisyaratkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan desa, harus didukung sepenuhnya yang terdiri dari kepala desa dan perangkat desa serta BPD,” ujar Bupati. “Kedua institusi ini lanjutnya, bertanggungjawab atas jalannya roda pemerintahan di desa. BPD Merupakan wakil masyarakat yang dipilih dan merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan.

Selain itu Yasti juga berpesan, BPD bisa bekerja dan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dengan dilandasi dengan rasa tanggung jawab, sesuai dengan tugas dan fungsi ibu bapak selaku anggota BPD. “Kepala desa dan BPD, merupakan mitra kerja, sehingga dituntut untuk membangun komunikasi yang harmonis sekaligus bersinergi,” tegas top eksekutif Pemkab Bolmong itu.

Untuk itu Yasti berharap, BPD dapat melaksanakan pengawasan terhadap penggunaan dana desa dan alokasi dana desa sehingga pengelolaannya, dapat lebih efektif, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. “BPD dan Kepala Desa untuk menggalakkan seluruh komponen masyarakat desa, agar tetap bersatu jangan terkotak-kotak ataupun berkelompok, dengan demikian akan terwujud kemandirian desa, baik aspek sosial, ekonomi, dalam rangka membangun desa yang lebih baik,” pungkas Yasti.

Sekadar diketahui, Bupati Yasti pada pelantikan tersebut didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmong Tahlis Galang, Asisten I Deker Rompaa, Asisten III Ashari Sugeha, Kepala DPMD Deyselin Wongkar, para Camat serta sangadi.

Imran Asiaw

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.