1 Truk ODOL Terjaring Razia Satlantas Polres Bengkulu Selatan

0
1169
Gambar: Hasil operasi dengan cara hunting yang dilakukan oleh Personil Lalu Lintas Polres Bengkulu Selatan, 1 (satu) unit kendaraan ODOL yang dilakukan penindakan dengan tilang oleh Satlantas Polres Bengkulu Selatan pada, Rabu (29/2).

TNews, BENGKULU SELATAN – Satu unit pengendara truk Over Dimensi Over Load (ODOL) ditindak oleh polisi di Manna. Pengendara truk ODOL ini langsung ditilang oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bengkulu Selatan saat melintas di jalan Raya Jendral A.Yani Manna Bengkulu Selatan.

Hasil operasi dengan cara hunting yang dilakukan oleh Personil Lalu Lintas Polres Bengkulu Selatan, 1 (satu) unit kendaraan ODOL yang dilakukan penindakan dengan tilang oleh Satlantas Polres Bengkulu Selatan pada, Rabu (29/2).

Kasat Lantas  mengungkapkan, penertiban ODOL dilakukan oleh Satlantas Polres Bengkulu Selatan di Jalan Trans Nasional jurusan Manna – Bengkulu, yaitu di Jalan Jendral A. Yani, Kecamatan Kota Manna Bengkulu Selatan.

Penertiban ODOL dilakukan guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

“Kendaraan yang menjadi sasaran penindakan adalah kendaraan angkutan barang terutama truk yang bermuatan lebih, melebihi daya angkut dari yang diwajibkan,” tegasnya.

Penertiban ODOL menjadi perhatian serius dari pemerintah. Sebab, kecelakaan disinyalir sering terjadi akibat dampak dari daya angkut yang lebih dari kendaraan angkutan barang,” tambah Kasat Lantas.

Di samping itu, kendaraan yang bermuatan melebihi kapasitas daya angkut dan daya tampung dari yang diwajibkan bisa membahayakan pengguna jalan lainnya. Bahkan ODOL juga bisa mempercepat kerusakan jalan.

“ODOL juga bisa menyebabkan cepat rusaknya infrastruktur jalan, jembatan dan pengaruh terjadi polusi udara karena asap kendaraan semakin banyak yang diproduksi oleh kendaraan bermuatan lebih,” ungkapnya.

Karena itu, AKP. B.A. Sinaga mengimbau kepada para pengusaha jasa angkutan dan pengemudi kendaraan angkutan barang agar mematuhi peraturan pemerintah.

“Mari kita semua ciptakan Kamseltibcar Lantas demi keselamatan bersama dengan taat pada peraturan berlalu lintas di jalan raya,” ajaknya.*

Reporter: Sony

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.