Jum’at Berkah, BLT-DD di Desa Tanjung Agung Seginim Cair Rp.900.000 Per-KPM

0
90
Gambar: Pemerintah Desa Tanjung Agung Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan pada hari Jum'at menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) T.A 2023, sebanyak 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Desa Tanjung Agung Seginim.

TNews, BENGKULU SELATAN – Pemerintah Desa Tanjung Agung Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan pada hari Jum’at menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) T.A 2023, sebanyak 21 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kantor Desa Tanjung Agung Seginim.

Hadir dalam acara ini, Kepala Desa Tanjung Agung beserta perangkatnya, Camat Seginim yang diwakili, Babinkantibmas, Babinsa, Ketua BPD beserta anggotanya, Pendamping Desa, dan sejumlah warga penerima manfaat BLT-DD, Jum’at, (31/03/23).

Perlu untuk diketahui, Pemerintah menetapkan aturan baru yang membuat penerima BLT-DD Tahun 2023 sama seperti tahun sebelumnya, para penerima BLT-DD Tahun 2023 akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 300 ribu setiap bulan mulai dari bulan Januari hingga Desember.

Gambar: Perlu untuk diketahui, Pemerintah menetapkan aturan baru yang membuat penerima BLT-DD Tahun 2023 sama seperti tahun sebelumnya, para penerima BLT-DD Tahun 2023 akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 300 ribu setiap bulan mulai dari bulan Januari hingga Desember.

Akan tetapi, dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (Permenkeu RI) Nomor 201/PMK.07/2022 yang dijadikan sebagai landasan mutlak bagi Desa dalam mengelola Dana Desa Tahun 2023 sesuai dengan pasal 36 ayat satu dan dua bahwa calon keluarga penerima manfaat BLT-DD.

Sebagaimana maksud di atas ialah keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem seperti mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis dan atau difabel, tidak menerima bantuan sosial program keluarga harapan, atau rumah tangga dengan anggota rumah tunggal lanjut usia.

Pada saat acara, Kepala Desa Tanjung Agung, Januari menyampaikan, “Sesuai dengan aturan yang terbaru bahwasanya penerima BLT-DD tahun ini harus warga yang miskin ekstrim, maka warga yang berhak menerima bantuan tersebut ada sebanyak 21 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Dengan adanya penyaluran BLT-DD sebanyak tiga bulan sekaligus dengan jumlah Rp.900.000 ini, Saya harap kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin dan tentunya bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari,” ucap Kades.

Penyaluran BLT-DD tahap ini langsung diberikan 3 bulan sekaligus kepada penerima manfaat sebesar Rp 900.000 per-3 bulan. Penyaluran BLT ini masih sama seperti tahun sebelumnya, berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.*

Reporter: Sony

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.