Bawaslu Boltim Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak, Ini Jadwalnya

0
41
Gambar : Bawaslu Boltim Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Pemilihan Kepala Daerah Serentak, Ini Jadwalnya, (23/4/2024).

TNews, BOLTIM – Untuk mempersiapkan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai melakukan rekrutmen Panswascam akan dilakukan secara masif guna memberi kesempatan seluruh masyarakat untuk berpartisipasi.

Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto, pihaknya akan melakukan Proses Evaluasi dengan mekanisme yang selektif sebagaimana standar evaluasi yang telah dipersiapkan oleh Bawaslu RI.

“Proses evaluasi akan merujuk pada teknis yang telah diatur oleh Bawaslu RI, yaitu melalui penilaian atasan langsung dan portofolio, juga ada standar penentuan apakah Panwaslu kecamatan (Existing) tersebut memenuhi syarat atau tidak. Jadi tidak pasti juga Panwaslu kecamatan (Existing) yang bertugas di Pemilu Tahun 2024 nanti akan bertugas di Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024,” kata Ketua Bawaslu Boltim Mutahir Mamonto.

Lanjutnya sesuai Pedoman Pembentukan dari Bawaslu, dimana mekanisme Pembentukan Panwaslu yang nantinya mengawasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah menggunakan 2 mekanisme, yaitu Evaluasi Kinerja dan Perekrutan baru.

“Ini berdasarkan surat keputusan Bawaslu Nomor : 4224.1/HK.01.01/K1/04/2024 tentang Pedoman Pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan Tahun 2024,” terang Mutahir Selasa, (23/04/2024).

Ia menambahkan, Pedoman Pembentukan Panwaslu untuk Pemilihan Kepala Daerah dari Bawaslu dimana menggunakan 2 (dua) mekanisme yaitu Evaluasi Kinerja bagi Panwaslu kecamatan yang saat ini melaksanakan Pengawasan Pemilu dan kemudian perekrutan baru jika hasil Evaluasi Kinerja terdapat Panwaslu yang tidak memenuhi syarat dan ketentuan.

”Sedangkan jadwal penerimaan, verifikasi berkas, dan evaluasi kinerja Panwaslu kecamatan (Existing) 2024 mulai hari ini 23-27 April 2024 dan hasil evaluasi akan ditetapkan tanggal 1-2 Mei 2024,” kata Mutahir.

Diketahui proses pendaftaran bagi calon anggota Panwas kecamatan akan dilakukan setelah proses evaluasi selesai, apabila dari hasil evaluasi terdapat anggota Panwas kecamatan yang tidak memenuhi syarat maka dilakukan proses pendaftaran untuk mengisi kebutuhan tersebut. Dan sesuai jadwal yang ada, nanti diumumkan pada 3 Mei 2024 dan 4 Mei 2024.*

Peliput : Muklas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.