Puan Maharani Kunjungi Destinasi Super Prioritas Indonesia KEK Likupang Minut

0
114
Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga Kandidat RI I terlihat santai di salah satu spot wisata Likupang

TNews, Minut – Puan Maharani Kandidat RI 1 yang saat ini Ketua DPR RI, Minggu (6/6/2021) berwisata dengan menjajal keindahan salah satu dari lima destinasi wisata super prioritas Indonesia yang berada di Likupang Timur (Liktim) Sulawesi Utara, setelah ditetapkan Presiden RI Ir Joko Widodo.

Puan Maharani menjajal keindahan laut pulau Lihaga dengan berolehraga Jet Sky

Pantai Paal di desa Marinsow ini memiliki hamparan pasir putih dan halus. Ditambah nuansa warna kontras gradasi air laut, pasir putih, dan hijaunya pepohonan, memesona wisatawan untuk datang.

Eksotisme Pantai Paal dengan laut biru nan jernih plus panorama bawah laut yang memesona dipadu dengan hamparan pasir putih halua di tepian pantai tak lelah memanjakan mata pengunjung.

Bahkan, Terik matahari yang bersinar terang dan Gulungan Ombak tak melelahkan tubuh hingga  menghabiskan tenaga dalam rentetan agenda yang dituntaskan oleh Puan Maharani saat berkunjung di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Kunjungan ketua DPR RI Puan Maharani kali ini disambut langsung oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wagub Steven Kandouw Sekprov Edwin Silangen Forkompimda Sulut, Forkompimda Minut, dan beberapa kepala Daerah diantaranya Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda SE dan Kevin W Lotulong SH MH, dan Walikota dan Wakil Walikota Manado, Bupati Minahasa, Bupati Minahasa Selatan, Walikota Tomohon dan Bupati Sitaro. Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut dan Ketua KNPI Sulawesi Utara.

Bupati Minut Joune Ganda, SE ketika menyambut ketua DPR RI Puan Maharani di wilayahnya

Tak pelak rombongan Puan Maharani yang tiba di Pantai Paal yang eksotik dan ramai pengunjungnya, didampingi Gubernur dan Wagub diaapa antusias pungunjung yang ada. Bahkan Gubernur yang tiba mengenderai jetsky langaung  menyapa para masyarakat dan langsung mengambil kamera handphone untuk ber-swafoto.

Sementara itu, Wakil Gubernur mengajak dua anak mengendarai Jetski untuk berkeliling pantai Paal. Dua orang anak kecil itu terlihat sangat girang karena mendapat kesempatan itu.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda juga turun ke Pantai Paal dan menyapa masyarakat yang sudah tumpah ruah di pantai. Dan beradasarkan pantauan media ini bunyi pengeras suara pantai yakni melalui Toa terus berbunyi mengingatkan pengunjung tentang prokes, jaga jarak dan menggunakan masker.

Sebelum menuju pantai Paal rombongan Puan Maharani diketahui bertolak dari Dermaga Mega Mas kota Manado sebelum melakukan safaraibwisata baharinya untuk perjalanan laut menuju pulau-pulau indah di Minahasa Utara. Tujuan awal Puan Maharani yang didampingi Gubernur dan Wagub sejak dari Megamas langsung mengendarai jetsky menuju Pulau Paniki di Kecamatan Likupang Barat Minut.

Diketahui perjalanan laut dari Megamas sampai pulau Paniki ditempuh kurang lebih 40an menit. Sebanyak 8 buah jetsky dan hampir 10 kapal seperti Crownline, Azimut, Stingray, jalan bersama Ibu Puan mengarungi lautan dari Manado ke Likupang.

Setibanya di Pulau Paniki, rombongan kapal tidak bisa memasuki kawasan mangrove karena air sudah mulai surut sehingga rombongan hanya terparkir di bagian ujung Pulau Paniki.

Namun begitu rombongan Jetsky Puan dan Gubernur Olly masuk ke dalam melihat-lihat hutan mangrove. Puan mengatakan, setelah mengecek langsung Hutan Mangrove di Pulau Paniki, Capres 2024 ini melihat bahwa masyarakat lokal merawat dengan baik Hutan mangrove itu sehingga boleh dijadikan destinasi wisata.

“Sangat indah dan terawat mangrovenya, terimah kasih buat masyarakat yang sudah merawat mangrove ini sehingga sangat layakrnjadintujuan wisatawan,” tutur Puan.

Puan Maharni melepas anakan Penyu sebagai semangat pelestarian lingkungan hidup di Pulau Lihaga

Setelah hampir 30 menit di seputaran hutan mangrove rombongan bergerak menuju Desa Talise di Pulau Talise. Saat masih di ujung Pulau Paniki, Camat Likupang Barat dan perangkatnya sudah berada di pinggiran pantai Pulau Paniki sehingga Bupati Minahasa Utara Joune Ganda mengendarai Jetsky datang menyapa mereka dan memberikan apresiasi karena telah menjaga hutan mangrove itu sampai tetap terlihat natural.

Bertolak ke Pulau Talise, rombongan melawan ombak dan tiba di Desa Bahari Talise sekitar pukul 12.30 WITA. Puan Maharani, Ketua DPR RI menyerahkan bantuan kepada masyarakat di Pulau Talise yang terdiri dari 4 Desa, Talise, Wawunian, Aerbanua dan Tambun.

Desa Talise sendiri memiliki 183 Kepala Keluarga, total 603 Jiwa yang terdiri dari Laki-laki 315 dan perempuan 288 jiwa. Desa Wawunian 146 KK, 468 Jiwa, dengan 247 Laki-laki dan 221 Perempuan. Desa Aerbanua, 195 KK, 610 Jiwa, terdiri 310 Laki-laki dan 300 perempuan. Dan Desa Tambun memiliki 205 KK dengan 672 Jiwa. Laki-Laki 327 jiwa dan Perempuan 345 jiwa.

Masyarakat Desa Talise bersyukur Puan Maharani boleh hadir sehingga masyarakat Talise bisa menyampaikan keluhan seperti Listrik, sekolah sampai memohon bantuan kapal ikan untuk para nelayan.

Di sisi lain, Bupati Minut Joune Ganda menyampaikan banyak terima kasih atas kunjungan Ketua DPR RI. Gubernur Sulawesi Utara, Wagub. Sekdaprov. Forkompimda Sulut. Forkompimda Minut.

“Teristimewa Ibu Puan yang telah memberikan bantuan kepada masyarakat Minut di Pulau Talise saya atas nama Bupati mengucapkan banyak terima kasih, sayabtitip doa buat kebaikan IbunPuan agar supaya apa yanh dicita-citakan kedepan bisa sukses dapat tercapai,” tutur JG.

Setelah hampir 5 jam beraktivitas, rombongan menuju Pulau Lihaga untuk makan siang. Puan tetap mengendarai jetsky diikuti Gubernur, Wagub dan beberapa kepala daerah lainnya.

Hamparan tempat kembang biak kerang mutiara di Desa Talise menutup pemandangan laut saat menuju Pulau Lihaga dan meninggalkan Pulau Talise.

Pasir Putih Lihaga dan Penyu.

Dari Pulau Talise menuju Lihaga, ombak mulai beriak. Tapi tetap tidak membuat Puan gentar, melainkan terus melakukan perjalanan menggunakan jetsky.

Dan hanya berjarak kurang lebih 20 Menit, pemandangan pasir putih Pulau Lihaga memanjakan mata. Air laut yang bening terlihat sampai ke dasar laut membuat Ibu Puan langsung turun dari Jetsky, berenang dan snorkeling. Bupati Minut Joune Ganda juga tak ketinggalan dan ikut turun berenang di pinggiran pantai Lihaga.

Energi yang banyak terkuras sejak pagi sampai siang itu tertutupi dengan jamuan makan siang di Pulau Lihaga untuk mengisi energi yang terbuang.

Para pejabat daerah duduk santai bercerita, tertawa, menikmati makan siang dan suasana di Pantai Lihaga.

Puan Maharani berbagi kasih dengan warga

Beberapa menit kemudian Protokoler ketua DPR RI Puan Maharani sudah mengisyaratkan bergerak, mesin kapal dihidupkan. Jetsky siap untuk jalan menuju Pantal Pal dan Kinunang, usai dari situ rombongan menuju Pulau Bangka untuk menginap semalam di salah satu resort yang ada di Pulau Bangka, Minahasa Utara ini.(***)

(Sumber Foto Abo Koba Kalengkongan dan Gema Perjuangan Maharani Nusantara-GPMN Sulut)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.