Warga Maluku Temukan Tambang Emas di Pesisir Pantai

0
4994

Warga Ambon dihebohkan temuan tambang emas di pesisir pantai Maluku. Tambang emas itu tepatnya berada di pesisir Pantai Pohon Batu Desa Tamilouw, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.  Syarifah, warga Amahai yang disebut pertama kali menemukan tambang emas itu menceritakan kisahnya menemukan tambang bersama dua saudaranya. “Saat itu saya sama kakak sedang dulang pasir, namun di dalam pasir ada biji emas,” kata Syarifah saat dihubungi, Selasa (23/3).

“Karena ada butiran emas, kami coba-coba mendulang pakai kuali ternyata dapat emas,” imbuhnya menceritakan awal temuan titik yang ditemukan emas tersebut. Ia menceritakan mereka menemukan tambang tersebut pekan lalu. Kala itu pun, sambungnya, hanya mereka saja yang berada di sana. “Penemuan tambang emas itu sekitar Sabtu (20/3) pekan lalu, dari situ kami bertiga masih dulang sendiri, setiap dulang mendapat emas,”ujarnya. Syarifa pun sempat menceritakan penemuan emas tersebut kepada warga sekitar rumah. Walhasil warga yang mendengar langsung bergegas ke tepi pantai sambil membawa peralatan seadanya seperti sekop, karpet, dan kuali.

“Banyakan warga membawa kuali karena proses sangat mudah untuk memisahkan biji emas dari kumpulan pasir,” tutur Syarifah. “Per hari warga bisa mendapat butiran emas mencapai tujuh hingga 10 gram,”tambah dia. Syarifah mengaku tak menyangka kabar penemuan butiran emas pada Sabtu pekan lalu itu sempat viral setelah warga memadati pesisir pantai dengan membawa alat tradisional untuk mendulang emas. Hingga saat ini, lokasi penambangan emas di pesisir pantai Maluku Tengah itu masih ramai dipadati warga yang mencoba peruntungan dari pendulangan di sana.

 

Sumber : cnnindonesia.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.